Truk Tangki Berisi 24.000 Liter BBM Meledak di SPBU Wirosari Grobogan

Rustaman Nusantara ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 17:30 WIB
Truk Tangki Berisi 24.000 Liter BBM Meledak di SPBU Wirosari Grobogan
Tangkapan layar truk tangki berisi 24.000 BBM meledak di SPBU Wirosari Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (23/5/2020)

GROBOGAN, iNews,id - Sebuah truk tangki bermuatan bahan bakar minyak terbakar dan meledak di sebuah tempat SPBU Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (23/5/2020). Akibat kejadian tersebut, sopir truk dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar di tangan dan kaki.

Dalam video amatir yang diterima iNews, sempat terdengar suara ledakan saat api melalap tangki mobil. Truk bermuatan 24.000 liter BBM tersebut terbakar di areal SPBU Wirosari, Grobogan.

Kebakaran ini membuat seluruh karyawan dan pengendara yang hendak mengisi BMM menjadi panik dan berusaha menyelamatkan diri. Api baru bisa dipadamkan 30 menit kemudian oleh karyawan SPBU yang dibantu warga.

Pengeloa SPBU Eko Triono mengaku tidak mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Saat itu, dia bersama dengan rekannya sedang berada di ruangan. Eko bersama rekan SPBU lainnya kemudian menyelamatkan sopir truk yang tengah meloncat dari truk.

"Gimana kejadiannya saya enggak tahu. Tahunya ada bunyi meledak sudah itu saja," ujar Eko, Sabtu (23/5/2020).

Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP Ronnyi Tri Prasetyo mengatakan, dari keterangan saksi, saat itu sopir truk tengah menuangkan 8.000 liter premium ke dalam tandon BBM. Namun sebelum dituangkan, sopir sempat mencoba mengukur kedalaman premiun di dalam tangki dengan stik dari besi sepanjang empat meter.

Saat stik dimasukkan ke dalam tangki, rupanya benda itu sempat menyenggol kabel aliran listrik tegangan tinggi. Akibatnya muncul percikan api dari dalam tangki hingga meledak.

"Saat pengecekan dengan stik, ternyata menempel kabel di atas. Sehingga timbul percikan api," kata Ronnyi.

Dugaan sementara api muncul dari gesekan stik dengan kabel listrik. Sopir truk yang berada di atas tangki sempat tersambar api dan meloncat. Nahas, korban mengalami patah kaki dan kemudian dilarikan ke RS Ki Ageng Selo, Wirosari.


Editor : Nani Suherni