UKM di Soloraya Didorong Bisa Ekspor Melalui Percepatan yang Terintegrasi

Ary Wahyu Wibowo ยท Kamis, 21 Oktober 2021 - 23:24:00 WIB
UKM di Soloraya Didorong Bisa Ekspor Melalui Percepatan yang Terintegrasi
Program BNI Xpora yang diluncurkan di Kota Solo, Kamis (21/10/2021). Foto: Ist.

SOLO, iNews.id – Usaha kecil dan menengah (UKM) di Soloraya terus didorong agar bisa melakukan ekspor. Mereka difasilitasi agar merasakan manfaat percepatan ekspor yang terintegrasi.

“Kalau ngomong industri yang bergerak di bidang ekspor impor, di wilayah yang kami bina (Jogjakarta dan Jateng bagian selatan) Solo memang yang paling tinggi,” kata Pemimpin BNI wilayah 17 Jogjakarta, Moh Hisyam saat peluncuran program BNI Xpora di Solo, Kamis (21/10/2021). 

Solo menjadi salah satu dari tujuh kota tempat peluncuran program BNI Xpora. Solo dipilih karena secara angka paling tinggi, dorongan utama di Soloraya antara lain di industri garmen, dan furniture. 

Pada peluncuran hari pertama program BNI Xpora, terdapat sekitar 70 UKM yang bisa dimasukkan. Dari jumlah tersebut, sebagian didominasi yang bergerak di bidang garmen, furniture, dan handycraft dari kayu maupun rotan. 

“Sekarang ini order sampai akhir tahun sudah selesai, artinya sampai nolak-nolak karena kapasitas produksinya yang tidak kuat. Selain itu juga karena kontainer,” ucapnya.  

Kehadiran program BNI Xpora, lanjutnya, lebih ke arah bisnis matching agar bisa memotong makelar. Dengan demikian, UKM bisa langsung bertemu buyer sehingga keuntungan yang diterima lebih besar. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: