8 Universitas di Kudus Paling Populer, Nomor 7 Diminati 2.000 Mahasiswa Per Tahun

Adinda Septia B ยท Selasa, 12 Oktober 2021 - 11:26:00 WIB
8 Universitas di Kudus Paling Populer, Nomor 7 Diminati 2.000 Mahasiswa Per Tahun
Universitas di Kudus yang paling populer kebanyakan menawarkan jurusan kesehatan. (Foto: Instagram)

KUDUS, iNews.id – Kudus adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki ragam perguruan tinggi populer. Di kota kecil ini ada beberapa universitas negeri maupun swasta yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah.  

Universitas di Kudus juga terkenal dengan jurusan kesehatan dan keperawatan. Jadi buat Anda yang mau jadi ahli kesehatan atau suster di rumah sakit, bisa mempertimbangkan Kudus sebagai kota tujuan.

Berikut ulasan universitas di Kudus mulai dari negeri hingga swasta:

1. Universitas Muria Kudus (UMK)

UMK merupakan perguruan tinggi swasta yang populer dan banyak diminati masyarakat sekitar. Berada di Gondangmanis, Bae, Kudus, UMK memiliki akreditasi B. Di UMK, terdapat enam jurusan yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Psikologi.

2. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

IAIN Kudus adalah perguruan tinggi negeri yang bernaung di bawah Kementrian Agama. Berada di Ngembal Rejo, Kudus, dulunya kampus ini menjadi bagian dari IAIN Walisongo Semarang yang pada 1997 berubah menjadi STAIN Kudus. 

Pada 2016 lalu, STAIN Kudus berubah menjadi IAIN Kudus yang memiliki 4 fakultas dan 3 program pascasarjana. Empat fakultas tersebut yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin, serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Sedangkan untuk program pascasarjana terdapat program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Magister Ekonomi Syariah, dan Magister Ilmu Syariah.

3. Akademi Kebidanan (Akbid) Pemda Kudus

Akbid Pemda Kudus ialah peguruan tinggi yang bernaung di bawah Pemerintah Daerah Kudus. Akbid Pemda Kudus berfokus dalam bidang kesehatan. Sekarang ini Akbid Pemda Kudus telah beralih bina ke Yayasan Bina Insan Mulia yang kemudian mengubah status Akbid menjadi politeknik yang memiliki banyak pilihan jurusan.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: