Vaksinasi 13 Kabupaten di Jateng Masih di Bawah 50 Persen, Ini Penyebabnya

Ahmad Antoni ยท Selasa, 02 November 2021 - 06:25:00 WIB
Vaksinasi 13 Kabupaten di Jateng Masih di Bawah 50 Persen, Ini Penyebabnya
Petugas mendatangi rumah ODGJ untuk melakukan vaksinasi di lereng Gunung Merapi, Desa Pagerjuang Musuk, Kabupaten Boyolali. (iNews/Tata Rahmanta)

SEMARANG, iNews.id  – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng)  akan menggenjot vaksinasi di 13 kabupaten. Upaya itu dilakukan karena vaksinasi di 13 kabupaten tersebut masih di bawah 40-50 persen.  

Ke-13 kabupaten tersebut meliputi Banjarnegara, Tegal, Purbalingga, Batang, Jepara, Wonosobo, Pemalang, Brebes, Grobogan, Pekalongan, Magelang, Kebumen dan Pati. 

Kepala Dinkes Provinsi Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, kendala daerah yang vaksinasinya masih di bawah 50 persen antara lain, sasarannya masih sulit diajak vaksinasi, terbatasnya jumlah vaksinator dan jumlah faskes yang melayani vaksinasi. 

“Tidak hanya itu, komitmen dari pemerintah daerah juga perlu didorong,” kata Yulianto, Senin (1/11/2021). Bahkan masih ada tempat dengan kesadaran vaksinasi yang masih rendah. 

Hal itu bisa terjadi karena terbatasnya akses seperti halnya kalangan lansia. "Lansia ini memang agak lambat. Lalu juga difabilitas, ibu hamil, penderita komordibitas. Ini memang kecepatannya enggak seperti yang lain," katanya.

Sebab itu, Pemprov Jateng terus menggenjot percepatan vaksinasi di seluruh wilayahnya. Hingga saat ini, Dinas Kesehaten (Dinkes) Jateng mencatat persentase jumlah warga yang telah menjalani vaksin mencapai 60 persen. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: