Video Viral, Hantu Pocong di Purworejo Buat Warga Takut Keluar

Joe Hartoyo ยท Kamis, 02 April 2020 - 10:56 WIB
Video Viral, Hantu Pocong di Purworejo Buat Warga Takut Keluar
Pocong palsu di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa Tengah (Foto: iNews/Joe Hartoyo)

PURWOREJO, iNews.id - Cara unik dan kreatif ditunjukkan Karang Taruna dan Pemerintah Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa Tengah. Mereka menggunakan pocong buatan untuk mengusir kerumunan warga di kampungnya.

Sosok pocong palsu tersebut disiapkan di beberapa titik di Desa Pogung Jurutengah khususnya pada malam hari.
Cara ini terbukti ampuh, warga pun takut keluar rumah terutama jika malam. Apalagi anjuran di rumah sudah disampaikan pemerintah untuk mencegah pandemi virus corona (Covid-19).

Kejadian adegan peran hantu pocong dilaksanakan sejak Senin (30/3/2020) malam dan ini menjadi contoh gambaran kepada pemudik yang memaksa pulang kampung. Suasana Desa Pogung kini menjadi sepi dan tidak ada warga yang nongkrong.

Salah satu pemudik dari Bekasi Sugeng mengaku awalnya kaget saat tiba di kelurahan melihat pocong tersebut. Sugeng berdalih nekat mudik karena dagangan mulai sepi di Bekasi.

"Kebutuhan ekonomi pak. Saya di sana dagang mulai sepi. Jalan pada diblokir, jadi saya pulang saja," kata Sugeng.

"Iya kaget tadi liat ada pocong, tapi pas dilihat kok kaya orang," ujarnya lagi.

Sementara itum Kepala Desa Pogung Jurutengah Slamet Purwadi megatakan dengan media pocong palsu ini warga takut nongkrong. Dia pun menuturkan penggunaan pocong untuk mengingatkan warga jika tetap membandel nantinya akan berujung seperti hantu tersebut.

"Nah apabila tidak mau mengikuti imbauan tadi, akibat fatalnya itu ya jadi pocong," kata Slamet.

Dia pun meminta jika warga perantau untuk tidak mudik terlebih dahulu. Jika terpaksa sudah kembali ke kampung, diwajibkan lapor ke aparat desa.


Editor : Nani Suherni