Warga Bonagung Sragen Temukan Fosil Gading Gajah Berusia 700 Tahun

Kuntadi, Joko Piroso ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 10:53:00 WIB
Warga Bonagung Sragen Temukan Fosil Gading Gajah Berusia 700 Tahun
Fosil gading gajah berusia 700 tahun yang ditemukan oleh warga Bonagung, Kecamatan Tanon, Sragen. (Foto: iNews.id/Joko Piroso)

SRAGEN, iNews.idFosil gading gajah purba ditemukan di lahan milik Puryanto, warga Desa Bonagung Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng) Selasa (28/1/2020). Fosil ini ditemukan ketika warga mencangkul lahan untuk ditanami jagung.

"Pas saya nyangkul, ujungnya mengenai gading," kata Puryanto.

Awalnya, saksi mengira gading gajah purba ini hanya batuan biasa. Namun karena merasa aneh dengan batu tersebut, akhirnya dilakukan penggalian lebih dalam. Hasilnya, ditemukan gading dengan panjang empat meter.

"Setelah digali, kami temukan gading dengan panjang sekitar empat meteran," ucapnya.

Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran Dori Wiranto memastikan benda yang awalnya diduga batu itu, dipastikan fosil gading purba. Panjangnya antara tiga hingga empat meter dengan tinggi gajah diperkirakan empat meter. Diprediksi fosil berusia sekitar 700 tahun.

"Kalau usianya ini sudah ratusan tahun," ucap Dori.

Penemuan gading gajah purba ini bukan kali pertama. Sebelumnya warga di seputaran lahan tersebut juga banyak menumukan beberapa gading purba yang lain. Mulai dari cula gading badak, gigi kudanil hingga tanduk beruang.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: