Warga Dieng Temukan Batuan Mirip Candi saat Gali Tanah

Elis Novit ยท Senin, 20 Januari 2020 - 17:00 WIB
Warga Dieng Temukan Batuan Mirip Candi saat Gali Tanah
Warga menemukan batuan yang diduga merupakan struktur sebuah candi. (Foto : Dok UPT Pariwisata Dieng)

BANJARNEGARA, iNews.id - Warga di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah dihebohkan dengan temuan batuan mirip candi di lahan pertanian tanaman kentang milik warga. Batuan ini ditemukan saat pemilik lahan hendak membangun Rumah Budaya di area kompleks objek wisata Dieng.

Pemilik lahan, Alif Fauzi mengatakan saat menggali sedalam satu meter tiba-tiba terkena batuan yang mirip candi. Curiga ini peninggalan sejarah, Alif melaporkan ke Badan Pelestari Cagar Budaya Jateng.

BACA JUGA: Harga Ayam Terus Anjlok, Peternak di Jateng Berencana Demo

"Jadi kami sedang melakukan pengerukan tanah untuk melakukan pembangunan, tiba-tiba ada bebatuan yang mirip dengan candi, cuma kami belum bisa memastikan, tetapi ini sangat rapi dan bagus," jelas Alif, Senin (20/1/2020).

Menurut Alif, warga Dieng sering menemukan bebatuan di area lahan pertanian, tetapi temuan batu kali ini rapi dan terstruktur .

Adanya penemuan ini di harapkan Alif bisa menambah daya tarik Dieng dan bisa melestarikannya benda-benda peninggalan purbakala lainnya.

BACA JUGA: Sempat Cerah, BMKG Prediksi Yogyakarta Diguyur Hujan Beberapa Hari ke Depan

Daratan tinggi Dieng memang memiliki Kompleks Candi yang masuk kelompok candi Hindu abad ke-7. Setidaknya ada delapan candi Hindu kecil yang merupakan salah satu bangunan keagamaan tertua yang masih bertahan yang pernah dibangun di Jawa.

Nama sebenarnya dari candi tersebut, ini tidak diketahui. Hal ini karena kelangkaan data dan prasasti terkait dengan pembangunan candi-candi ini. Penduduk Jawa lokal menamakan setiap candi sesuai dengan tokoh wayang Jawa, kebanyakan diambil dari epos Mahabharata.


Editor : Nani Suherni