Warga Grobogan Temukan 4 Potongan Arca dan Batu Besar Diduga Fondasi Candi

Rustaman Nusantara ยท Rabu, 09 September 2020 - 23:33:00 WIB
Warga Grobogan Temukan 4 Potongan Arca dan Batu Besar Diduga Fondasi Candi
Warga membersihkan arca yang baru ditemukan dari dasar sungai di kawasan hutan Gabus, Grobogan.

GROBOGAN, iNews.id - Warga Dusun Segoro Gunung, Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Grobogan digegerkan dengan penemuan empat potongan arca di tengah hutan, Rabu (9/9/2020). Keempat potongan arca yang mirip Dewi Durga tersebut kini diamankan perangkat desa untuk menghindari aksi pencurian dan penjualan benda purbakala.

Kepala Dusun Segoro Gunung, Susilo mengatakan, arca-arca itu ditemukan di dasar Sungai Segoro Gunung pada kedalaman tiga meter oleh seorang warga yang hendak mengambil batu untuk fondasi rumah.

“Setelah beberapa kali penggalian, cangkul milik warga tersebut sempat menghantam sebuah batu keras. Melihat bentuk batu yang besar dan aneh, warga tersebut merasa ketakutan dan berlari untuk memberitahukan ke warga lainnya,” katanya.

Dari hasil penggalian, warga menemukan tiga potongan arca yang terpendam dalam posisi berdekatan dengan posisi arca pertama.

Susilo menjelaskan, penemuan arca sebernarnya sudah terjadi dua hari lalu namun karena warga takut jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan warga baru berani lapor.

Keempat potongan arca ini kemudian diamankan di rumahnya untuk menghindari tindakan pencurian atau penjualan benda peradaban masa Hindu itu.  

Susilo tidak berani memastikan jenis atau pun nama arca yang ditemukan karena tidak mengetahui pasti sejarah dari patung tersebut.

Selain menemukan empat potongan arca, warga juga menemukan sejumlah batu besar yang diduga sebagai fondasi bangunan kerajaan di sekitar lokasi penemuan arca.


Editor : Kastolani Marzuki