Warga Pekalongan Ini Buat Kuliner Kreatif dari Tahu saat Harga Kedelai Mahal

Suryono Sukarno ยท Rabu, 02 Juni 2021 - 09:18:00 WIB
Warga Pekalongan Ini Buat Kuliner Kreatif dari Tahu saat Harga Kedelai Mahal
Aneka kuliner kreatif yang dibuat dari bahan dasar tahu. Foto: iNews/Suryono Sukarno.

PEKALONGAN, iNews.id – Warga Pekalongan membuat kuliner kreatif dari bahan dasar tahu yang mampu menaikkan nilai jual ketika harga kedelai mahal. Aneka kudapan yang dibuat, banyak dipesan hingga kewalahan memenuhi permintaan. 

Kuliner yang dibuat antara lain donat tahu, puding es kopyor, burger dan wedang tahu. Meskipun burger terbuat berbahan dasar tahu, namun rasanya tak kalah dengan burger dari bahan lainnya. Bahkan lebih legit dan krispy. 

Kreasi ini dibuat oleh pasangan Siti Mu’arofah dan Risa Novianto, warga Desa Babalan Lor, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Ide kreatif muncul karena pasangan ini berada di lingkungan perajin tahu. Mereka lalu membuat olahan lain dari tahu, di antaranya burger tahu yang kemudian banyak peminatnya.

Pembuatan burger tahu adalah dengan bahan baku tahu yang belum jadi, atau masih berupa cairan. Tahu lalu dicampur terigu dengan perbandingan 1:2. Misalnya tahu satu liter untuk terigu 2 kilogram, kemudian ditambah telur dan gula serta bahan lainnya.

Setelah adonan jadi, dibuat cetakan donat dan digoreng hingga matang dengan api kecil agar warnanya cantik dan glowing. Burger kemudian dilumuri panir dan digoreng lagi agar krispy, lalu dibelah tengah dan diisi sayuran, daging, saus,  hingga siap disantap.  

Selain burger ada juga produk lain, yaitu puding tahu, es kopyor dan wedang jahe tahu. Membuatnya cukup mudah, cairan tahu belum jadi di campur gula dan bahan ager-ager serta bahan puding dimasak di atas kompor.  

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: