12 Wilayah Indonesia dengan Suhu Paling Dingin, Nomor 5 Dijuluki Negeri di Atas Awan

Azizah Refifa Aqsha ยท Jumat, 23 September 2022 - 08:00:00 WIB
12 Wilayah Indonesia dengan Suhu Paling Dingin, Nomor 5 Dijuluki Negeri di Atas Awan
Fenomena embun es atau embun beku kembali melanda dataran tinggi Dieng. (Ist)

JAKARTA, iNews.id - Wilayah Indonesia dengan suhu paling dingin layak dijadikan destinasi wisata saat liburan tiba. Meski Indonesia memiliki iklim tropis, banyak daerah yang memiliki suhu dingin sepanjang hari.

Suhu di dataran tinggi memang relatif lebih dingin dibandingkan dengan suhu di dataran rendah. Hal ini disebabkan oleh tekanan udara yang rendah sehingga molekuler udara akan bergerak lebih lambat, sehingga tidak terjadi tabrakan antar molekul udara.

Wilayah Indonesia dengan Suhu Paling Dingin

Dilansir dari laman BMKG, secara umum, kondisi suhu dingin dibeberapa wilayah Indonesia terjadi sebagai akibat dari adanya aliran massa udara dingin dan kering dari wilayah benua Australia yang dikenal sebagai aliran monsun dingin Australia.

Secara klimatologis, monsun dingin Australia aktif pada periode bulan Juni-Juni-Agustus, yang umumnya merupakan periode puncak Musim Kemarau di wilayah Indonesia selatan ekuator.

Kondisi suhu dingin tersebut akan lebih terasa dampaknya seperti di wilayah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah) ataupun daerah pegunungan lainnya dimana pada kondisi ekstrem dapat menyebabkan terbentuknya embun beku atau frost.

Berikut 12 Wilayah Indonesia dengan Suhu Paling Dingin

1. Mulia, Papua

Wilayah Indonesia dengan Suhu Paling Dingin pertama yakni Kota Mulia, Papua. Kota ini berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Berlokasi di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Kota Mulia menjadi salah satu wilayah Indonesia dengan suhu paling dingin. Pada siang hari Kota Mulia memiliki suhu sekitar 15 derajat Celsius sedangkan pada malam hari bisa mencapai 9 derajat Celsius.

2. Waghete, Papua

Masih di Provinsi Papua tepatnya di Kabupaten Deiya terdapat wilayah dengan suhu dingin selanjutnya.

Kota waghete ketika siang hari memiliki suhu udara 15 derajat Celsius sedangkan di malam hari biasanya memiliki suhu hingga 10 derajat Celsius. Jika berkunjung ke kota ini pastikan untuk menggunakan pakaian yang tebal ya!

3. Ciwidey, Bandung

Kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat cukup populer dikalangan masyarakat dengan objek wisata Kawah Putihnya. Selain terkenal karena objek wisatanya, Ciwidey juga dikenal memiliki suhu udara yang dingin.

Kawasan Ciwidey Bandung, Jawa Barat salah satu wilayah di Indonesia dengan suhu dingin. (Foto: ist)
Kawasan Ciwidey Bandung, Jawa Barat salah satu wilayah di Indonesia dengan suhu dingin. (Foto: ist)

Terletak di 1.200 meter di atas permukaan laut, Ciwidey sempat memiliki suhu udara mencapai 13 derajat Celsius.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: