Sejumlah napi Rutan Salatiga saat bersilaturahmi dengan keluarganya secara daring melalui layanan online yang disediakan Rutan, Rabu (4/5/2022). Foto/Ist
Angga Rosa

SALATIGA, iNews.id - Rutan Salatiga mulai Senin (18/7/2022) lalu membuka pelayanan kunjungan tatap muka. Pihak keluarga warga binaan bisa melakukan kunjungan dengan syarat sudah vaksin booster.

Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan, pembukaan pelayanan kunjungan tatap muka dibuka atas dasar instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan. 

Rutan Salatiga telah mensosialisasikan pembukaan pelayanan tersebut kepada warga binaan dan menyiapkan sarana prasarananya. 

"Saat ini Rutan Salatiga dihuni 169 orang. Sehingga dalam hal layanan kunjungan dibagi tiap harinya sekitar 43 orang. Satu orang penghuni hanya menerima kunjungan satu kali dalam satu minggu," katanya, Rabu (20/7/2022).

Sementara itu Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Salatiga Kumroji menjelaskan, untuk sementara ini, pelayanan kunjungan tatap muka dibuka terbatas untuk keluarga.

Di antaranya orang tua, suami/istri, anak maupun kakak atau adik kandung dari warga binaan. Selain itu syarat-syarat dalam berkunjung keluarga harus sudah mendapat vaksin booster.

Jika belum booster, kata dia, harus melakukan swab/rapid test atau surat keterangan dari dokter pemerintah, puskesmas atau RSUD bagi pengunjung karena alasan kesehatan tidak dapat divaksin. 

"Untuk saat ini pihak keluarga diberikan waktu berkunjung selama 20 menit, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT