10 Tradisi Orang Jawa Tengah, Nomor 7 Pernah Dilakukan Penyanyi Dangdut Ternama

Ahmad Antoni · Jumat, 09 Desember 2022 - 14:37:00 WIB
10 Tradisi Orang Jawa Tengah, Nomor 7 Pernah Dilakukan Penyanyi Dangdut Ternama
Ribuan warga Desa Banjarsari Temanggung berebut gunungan dalam tradisi sadranan lepen. (Didik Dono)

SEMARANG, iNews.id – Tradisi orang Jawa Tengah hingga kini masih dilestarikan. Tradisi orang Jawa Tengah yang masih menjaga kearifan lokal selalu menarik untuk diikuti.

Jawa Tengah dikenal memiliki banyak tradisi yang hingga kini masih dirawat dan dilestarikan. Tradisi merupakan kebudayaan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. 

Kebudayaan ini dapat berbagai macam, mulai dari yang berkaitan dengan kebiasaan, adat istiadat hingga berhubungan dengan keagamaan. Tradisi akan terus berjalan jika masyarakat tetap melestarikan dengan cara terus melakukannya. 

Namun jika tidak dilakukan, tradisi tersebut akan menghilang dengan sendirinya atau punah.  Untuk daerah Jawa Tengah, beberapa tradisi masih tetap terus dilestarikan dan terap diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut 10 tradisi orang Jawa Tengah yang masih dilestarikan yang dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Tradisi Ruwatan 
Ruwatan merupakan salah satu tradisi yang cukup populer di Indonesia. Upacara adat dari Jawa Tengah ini merupakan sarana yang dilakukan untuk membebaskan atau menyucikan diri manusia dari dosa serta kesalahan yang pernah diperbuatnya. 

Tradisi ruwatan masih dilestarikan hingga sekarang sebagai tradisi Jawa Tengah. Contohnya, di dataran tinggi Dieng Wonosobo, bagi anak-anak yang memiliki rambut ikal gimbal biasanya dianggap mirip dengan buto ijo sehingga harus diadakan upacara ruwatan. Hal ini dilakukan untuk mengusir hawa jahat serta hal-hal buruk yang dibawa oleh buto ijo. 

2. Tradisi Wetonan 
Wetonan dalam bahasa Jawa memiliki arti keluar. Namun, wetonan yang dimaksud di sini berhubungan dengan kelahiran orang. Tradisi wetonan merupakan upacara yang dilakukan guna menyambut bayi yang baru lahir. Tradisi wetonan supaya nantinya bayi tersebut terhindar dari bahaya dan bisa mendapatkan rezeki serta keberuntungan yang lebih. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: