27 CCTV dan Speedcam ETLE Siap Rekam Pelanggar Lalu Lintas di Jawa Tengah

Ahmad Antoni ยท Senin, 22 Februari 2021 - 12:45:00 WIB
27 CCTV dan Speedcam ETLE Siap Rekam Pelanggar Lalu Lintas  di Jawa Tengah
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (kanan) dan Dirlantas Kombes Pol Rudy Syarifudin saat konferensi pers di RTMC Gedung Ditlantas Polda Jateng, Senin ( 22/2/2021). (iNews/Ahmad Antoni)

Dalam kesempatan itu, Kapolda dan Dirlantas menunjukan contoh pelanggaran yang terekam CCTV. Hasil capture kamera ETLE tampak jelas dan detail termasuk plat nomor kendaran. “Ini keliatan semuanya, datanya juga ada. Motor bodong juga keliatan di sini,” ujarnya.

Dirlantas mengatakan, sebetulnya  ETLE yang betujuan mencerdaskan masyarakat ini telah terpasang sejak 3 tahun, namun karena regulasinya kala itu belum ada masih terdapat hambatan dalam menerapkannya.

“Sekarang kita lakukan seluruhnya bekerjasama dengan kadispenda, dinas perhubungan dimana di ETLE ini akan melihat orang yang belum bayar pajak. Pelangaran ada berapa ? salah satunya di lampu merah dia menerobos lampu merah, terus kita liat lagi pajaknya, kalau pajaknya mati maka dua dia melakukan pelanggaran,” kata Rudy.

Ia mengatakan, jika dalam tiga kali surat tilang elektronik yang terkirim dialamat pemilik kendaran tidak diindahkan maka secara otomatis akan terblokir.

“Dan orang yang membayar denda harus menyertakan keseluruhannya, KTP asli, STNK dan sebagainya. Untuk disamakan jenis kendaraan dan pemiliknya. Jadi tidak ada lagi , Pak ini bukan kendaraan saya, tapi kita belum balik nama, sudah saatnya satu orang satu kendaraan. Kalau di pinjamkan itu resiko,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni