6 Siswa SMPN 1 Turi Korban Selamat Susur Sungai Sempor Alami Gejala Symptom

Gunarto Farhan ยท Senin, 24 Februari 2020 - 13:15:00 WIB
6 Siswa SMPN 1 Turi Korban Selamat Susur Sungai Sempor Alami Gejala Symptom
Kegiatan di SMPN 1 Turi, Sleman, DIY (Foto: iNews/Gunanto Farhan)

SLEMAN, iNews.id - Para siswa SMP Negeri 1 Turi, Sleman, Yogyakarta yang menjadi korban selamat susur Sungai Sempor menjalani trauma healing pada Senin (24/2/2020). Dari pemeriksaan awal, sebanyak enam siswa mengalami gejala symptom atau tanda masalah psikologis.

Ratusan siswa kelas VII dan kelas VIII SMPN 1 Turi dijadwalkan menjalani pemulihan trauma pascakecelakaan susur sungai. Mereka mendapat trauma healing dari Ikatan Psikologi Klinis Indonesia. Semua proses dilakukan tertutup demi menjaga privasi korban.

Dari pemeriksaan psikologis, sebanyak enam siswa mengalami gejala symptom atau tanda masalah psikologis. Keenam korban sudah ditangani tim psikolog dan medis dari Dinas Kesehatan Sleman.

"Enam yang mengalamai gejala symptom yang sudah ditangani oleh psikolog dan tim medis," kata Ketua Ikatan Psikologi Klinis Yogyakarta, Siti Urbayatun, di SMPN 1 Turi, Sleman, Senin (24/2/2020).

Dia melanjutkan, symptom belum masuk kategori gangguan psikologis. Menurutnya wajar bagi setiap orang yang baru mengalami tragedi merasa cemas atau gangguan tidur.

"Ini reaksi yang wajar saat orang mengahadapi masalah. Makanya akan kami pantau terus," ucapnya.

Pemantauan akan gelar selama satu hingga enam bulan untuk pendampingan lebih intensif. Proses belajar mengajar juga ditiadakan kecuali siswa kelas IX yang mengikuti ujian sekolah.

Kepala SMPN 1 Turi Tuti Nurdiana menjelaskan proses belajar untuk kelas VII dan VIII akan dilakukan setelah menerima informasi dari tim psikolog.

"Sementara (libur). Saya masih mengunggu perkembangan nanti. Kalau anak-anak sudah siap ya kami belajar.

Editor : Nani Suherni