Rintihan Kakek dari Dalam Sumur Hebohkan Warga Wonosobo

Ahmad Antoni, Sindonews, Taufik Budi ยท Senin, 24 Februari 2020 - 12:21 WIB
Rintihan Kakek dari Dalam Sumur Hebohkan Warga Wonosobo
Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban tercebur sumur di Wonosobo. (Foto: Dokumen Basarnas Jateng)

WONOSOBO, iNews.id - Rintihan dari dalam sumur gegerkan warga di Desa Tracap, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), Senin (24/2/2020) dini hari. Suara rintihan tersebut rupanya berasal dari seorang kakek yang tercebur sumur.

Korban diketahui bernama Mustamit (58), warga Wonoroto RT 28/RW 7 Desa Tracap, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Diduga peristiwa nahas itu bermula saat korban menimba air untuk berwudhu di sumur milik tertangga.

"Tidak tahu persis awal mula kejadian tahu-tahu ada suara rintihan di dalam sumur. Setelah dilihat ada orang di dalam sumur," kata Kepala Basarnas Jateng Nur Yahya, Senin (24/2/2020).

Warga pun segera melaporkan kejadian itu ke Basarnas untuk dilakukan evakuasi. Koordinator Basarnas Pos SAR Wonosobo, Hardi Amanurijal, segera membentuk tim rescue untuk melakukan pertolongan disertai peralatan mountenering.

"Operasi SAR dengan metode Lowering. Satu rescuer turun ke dalam sumur disertai alat bantu Self Contain Breating Apparatus (SCBA) untuk mengikat korban ditarik ke atas dengan sistem lifting," kata Hardi.

Proses evakuasi harus dilakukan dengan hati-hati karena kedalaman sumur mencapai kurang lebih 10-14 meter. Sementara diameter satu meter, sehingga petugas harus memperhitungkan pula saat mengangkat tubuh korban.

"Setelah upaya tim SAR gabungan pukul 06.30 WIB korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat lansung ditangani bidan Desa Tracap. Selanjutnya korban dibawa ke rumah kediaman dan operasi SAR dinyatakan selesai tim SAR gabungan kembali ke satuannya masing-masing," katanya.


Editor : Nani Suherni