Airlangga Hartarto Sebut Upaya Pemulihan Ekonomi Tunjukkan Hasil Positif

Ary Wahyu Wibowo · Selasa, 30 Maret 2021 - 15:01:00 WIB
Airlangga Hartarto Sebut Upaya Pemulihan Ekonomi Tunjukkan Hasil Positif
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menjadi keynote speaker seminar nasional yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS Solo, Selasa (30/3/2021). Foto: Ist

SOLO, iNews.id – Upaya pemulihan ekonomi Indonesia akibat pandemi Covid-19 menunjukkan hasil yang positif. Pemerintah terus berupaya mengurangi dampak pandemi guna menjaga momentum pemulihan kesehatan dan ekonomi. 

“Dari sisi ekonomi tanda-tanda pemulihan ekonomi juga sudah terlihat, hal ini tercermin dari PMI manufaktur yang berada di atas level ekspansif 50 atau 50 plus 9. Dan realisasi investasi dan manufaktur di tahun 2020 yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menjadi keynote speaker seminar nasional dengan tema Transformasi Ekonomi : Optimalisasi UU Cipta Kerja sebagai Strategi Utama Akselerasi Investasi Indonesia, Selasa (30/3/2021).

Dalam seminar yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Airlangga menyebut pemulihan ekonomi di Indonesia sudah mulai bergeliat. Proporsi pengeluaran konsumsi masyarakat terhadap simpanan terus meningkat, serta indeks harga saham gabungan (IHSG) dan nilai tukar telah kembali seperti masa pra pandemi. 

Beberapa lembaga internasional seperti Bank Dunia telah memperkirakan pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 sebesar 4,4 persen hingga 5,1 persen. Sedangkan di tahun 2022 antara 4,8 persen hingga 6,0 persen. Proyeksi ini sejalan dengan target pemerintah yang tumbuh di kisaran 4,5 persen hingga 5,3 persen yang didukung adanya program vaksinasi massal, kelanjutan program pemulihan ekonomi nasional, dan implementasi Undang-Undang (UU) Cipta Kerja serta pengendalian Covid-19.

Editor : Ary Wahyu Wibowo