Antisipasi Varian India, Kemenkes Periksa 75 Sampel Genome Pasien Covid-19 di Kudus

Antara ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 18:40:00 WIB
Antisipasi Varian India, Kemenkes Periksa 75 Sampel Genome Pasien Covid-19 di Kudus
pasien Covid-19 di Kudus. (foto Antara)

KUDUS, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengantisipasi kemungkinan adanya virus varian baru Covid-19 dari India, menyusul lonjakan kasus di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kemenkes mengambil 75 sampel genome pasien Covid-19.

"Hasilnya masih kami tunggu karena pemeriksaannya juga masih berjalan. Diperkirakan hasilnya baru bisa diketahui dua pekan mendatang," kata Pelaksana tugas Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan Prima Yosephine usai menyerahkan bantuan tes cepat antigen di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (4/6/2021).

Dia berharap tidak ada varian baru. Kalaupun ada untuk upaya penatalaksanaannya juga sama dengan varian sebelumnya. "Hal terpenting, kita kuatkan semuanya terlebih dahulu," katanya.

Untuk penanganan kasus Covid-19 di Kudus, kata dia, sudah ada rapat koordinasi yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng untuk memetakan mana-mana yang kurang, termasuk sumber daya manusianya dan mana yang harus diberikan dukungan dengan memprioritaskan di wilayah Jateng.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2