Atlet Parabadminton Raih Emas di Paralimpiade Tokyo 2020, Ini Kata Manajer Tim

Ary Wahyu Wibowo ยท Senin, 06 September 2021 - 13:23:00 WIB
Atlet Parabadminton Raih Emas di Paralimpiade Tokyo 2020, Ini Kata Manajer Tim
Tim parabadminton Indonesia yang berlaga di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Foto: Ist.

SOLO, iNews.id Pelatih sekaligus manajer tim parabadminton Indonesia Dr Sapta Kunta Purnama mengaku bangga dengan prestasi yang diraih di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Raihan dua medali emas yang disumbangkan atlet parabadminton, sesuai target National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

Paralimpiade Tokyo 2020 telah resmi ditutup Minggu (5/9/2021) kemarin. Pada gelaran olahraga disabilitas terbesar sedunia itu, Indonesia berhasil finis di posisi ke-43 dengan raihan dua emas, tiga perak, dan empat perunggu. 

Dua medali emas disumbang dari cabang parabadminton di nomor ganda putri, yakni Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah dan ganda campuran Hery Susanto/Leani Ratri Oktila. 

Kesuksesan para atlet parabadminton tidak lepas dari tangan dingin Dr Sapta Kunta Purnama yang menjabat Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Ia dipercaya sebagai pelatih sekaligus manajer tim parabadminton Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

“Alhamdulillah euforia masyarakat Indonesia sangat tinggi. Saya berharap medali emas ini dapat memberikan kegembiraan rakyat Indonesia di tengah kesedihan pandemi Covid-19. Meskipun sejenak, dua atau tiga hari euforia ini berlangsung, setidaknya dapat mengobati kesedihan masyarakat,” ujar Sapta Kunta Purnama melalui siaran pers Humas UNS, Senin (6/9/2021). 

Dosen yang menjadi pembina di NPC Indonesia ini mengungkapkan, prestasi yang diraih berkat persiapan panjang yang dilalui para atlet. Para atlet sudah disiapkan sejak 2019 lalu untuk mengikuti ASEAN Paragames 2019 di Filipina, tapi turnamen tersebut dibatalkan. 

Para atlet baru benar-benar mengikuti pemusatan latihan sejak Oktober 2020 di Solo Baru. Namun, persiapan para atlet disabilitas ini tidaklah mulus. Aturan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah, membuat aktivitas latihan terganggu. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: