Begini Detik-Detik Perayaan Waisak dengan Obor dan Lilin di Desa Tleter Temanggung

Didik Dono Hartono · Rabu, 26 Mei 2021 - 22:24:00 WIB
Begini Detik-Detik Perayaan Waisak dengan Obor dan Lilin di Desa Tleter Temanggung
Umat Buddha merayakan Tri Suci Waisak 2565/2021 secara sederhana di Vihara Dharma Giri Kumara, Rabu (26/5/2021). (iNews/Didik Dono H)

TEMANGGUNG, iNews.id - Puluhan umat Buddha di Dusun Delen, Desa Tleter, Kecamatan Kaloran, Temanggung, merayakan Tri Suci Waisak 2565/2021 secara sederhana di Vihara Dharma Giri Kumara, Rabu (26/5/2021). Perayaan dilakukan di ruang terbuka dengan mengandalkan penerangan dari api obor dan lilin.

Penyambutan detik-detik Waisak dimulai dengan Pradaksina mengelilingi Vihara sebanyak 3 kali. Perayaan Tri Suci Waisak dilanjutkan dengan puja bakti dan diikuti oleh ummat secara khusuk dan khidmat. Jelang detik-detik Waisak, umat Buddha bermeditasi dengan sikap anjali.

Uniknya, dalam penyambutan detik-detik Waisak tidak menggunakan penerangan listrik secara alami, namun dengan menggunakan api dari obor dan lilin. Api sebagai simbol penerangan bagi kehidupan manusia.

Menurut perangkat Desa Tleter, Sabaryono, perayaan Waisak di luar ruangan tanpa penerangan listrik bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi penerus bagaimana kehidupan pada jaman dahulu sebelum adanya listrik.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: