Catat, Ini Manfaat Program JKP bagi Pekerja Korban PHK

Ary Wahyu Wibowo ยท Kamis, 18 November 2021 - 19:55:00 WIB
Catat, Ini Manfaat Program JKP bagi Pekerja Korban PHK
Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jamsos, Kementerian Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri. Foto: Ist.

JAKARTA, iNews.id - Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jamsos, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro Putri menyatakan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) memiliki tiga manfaat bagi pekerja yang terkena PHK. Para pekerja akan memperoleh manfaat itu jika ikut JKP. 

“Yang pertama adalah manfaat uang tunai atau cash bagi si korban PHK. Yang kedua akses informasi pasar kerja. Lalu pelatihan kerja atau vokasi,” ujar Indah dalam dialog publik melalui Zoom Meeting, Kamis (18/11/2021).  

Indah menyebut, manfaat pertama berupa uang tunai diharapkan bisa membantu korban PHK untuk melanjutkan hidup. Namun, ia berharap dalam kurun waktu penerimaan uang tunai tersebut, para pekerja korban PHK juga bisa sambil mencari pekerjaan baru atau mengikuti pelatihan.

Untuk manfaat yang kedua, yaitu akses informasi pasar kerja. Layanan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang bisa dilamar oleh para pekerja korban PHK.

Dalam informasi pasar kerja, Kementerian Ketenagakerjaan juga menyediakan layanan job counselling atau konsultasi mengenai informasi pasar kerja, termasuk terkait dengan keterampilan, kualifikasi, hingga minat para pekerja.

Lalu untuk manfaat ketiga, yaitu pelatihan kerja atau vokasi, Indah menyebut bahwa skema ini diterapkan dengan tujuan untuk bisa meningkatkan keterampilan para pekerja yang mengalami PHK.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: