Ciptakan Aplikasi Android untuk Cek Kualitas Daging, Dosen Undip Ini Jadi Guru Besar

Neneng Zubaidah ยท Sabtu, 29 Mei 2021 - 16:10:00 WIB
Ciptakan Aplikasi Android untuk Cek Kualitas Daging, Dosen Undip Ini Jadi Guru Besar
Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Instrumentasi Undip Prof Dr. Kusworo Adi, S.Si., MT. (Foto: Undip)

SEMARANG, iNews.id - Universitas Diponegoro (Undip) kembali menambah guru besar. Lewat inovasinya menciptakan aplikasi Android yang memudahkan masyarakat untuk mengecek kualitas daging sapi, dosen di Fakultas Sains dan Matematika (FSM), Kusworo Adi menjadi guru besar bidang ilmu fisika instrumentasi.

Kusworo mengatakan, untuk sementara ini inovasinya masih difokuskan pada daging sapi karena tingkat akurasinya yang masih di posisi 84 persen. Nantinya aplikasi ini akan dikembangkan untuk jenis daging lain.
 
"Kami sedang berupaya menaikkan tingkat akurasi supaya lebih proven. Setelah itu baru kita kembangkan untuk jenis daging yang lainnya,” kata Prof Dr Kusworo Adi SSi, MT dikutip dari laman resmi Undip, Sabtu (29/5/2021).

Orasi ilmiah perdananya sebagai guru besar bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Citra Untuk Penentuan Kualitas Pangan”, disampaikan pada sidang terbuka Senat Akademik (SA) Undip.

Kusworo mengatakan, inovasi pemanfaatan teknologi citra untuk penentuan kualitas daging didorong kenyataan saat ini kemampuan mengecek kualitas daging masih terbatas pada kalangan pakar dan praktisi teknis saja. Padahal yang sehari-hari berhadapan dengan kondisi itu masyarakat langsung.

Untuk meningkatkan perlindungan konsumen, Kusworo memandang perlu ada inovasi yang sederhana dan dapat dioperasikan oleh masyarakat luas. Konsumen daging harus dihindarkan dari konsumsi daging sapi yang tidak berkualitas dan terjaga kemurniannya atau tidak dicampur dengan daging hewan lain. 

"Tentunya dengan cara yang affordable," ujarnya.

Karena itulah Kusworo yang menyelesaikan pendidikan S1 Fisika di FSM Undip dan menyelesaikan S2 dan S3 pengolahan citra di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini terdorong untuk merancang aplikasi yang mudah digunakan dan memiliki akurasi yang bisa dipertanggung jawabkan.

Pilihan pada fasilitas kamera yang ada di android dilandasi pertimbangan hampir semua orang bisa mengoperasikan alat tersebut. Sementara pemakaian parameter SNI 3932 : 2008 tentang mutu karkas dan daging sapi, karena itu dasar legal yang ada saat ini.

Mengenai tingkat akurasi, ayah satu anak ini menyebut ada beberapa faktor. Yang paling prinsip, selama resolusinya di atas 4 mega pixel alat tersebut masuk kategori layak dipakai.

Namun cara pemakaian dan teknisnya seperti jarak antara objek dengan alat saat pengambilan, kualitas pencahayaan, serta sudut pengambilan juga bisa berpengaruh terhadap akurasinya.

Teknologi yang berkembang sangat pesat di segala bidang perlu didukung inovasi agar mampu membantu menyelesaikan permasalahan yang timbul. Teknologi citra diyakini mampu menguji kualitas pangan melalui proses analisis citra yang meliputi: machine learning, visi komputer, pengenalan pola, dan kecerdasan buatan.

"Sebenarnya, implementasi teknologi citra untuk penentuan kualitas pangan sudah banyak dilakukan," kata Kusworo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Bisnis dan Komunikasi FSM Undip.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2