Daftar Antrean Calhaj Capai 1 Juta Orang, Jateng Butuh Asrama Haji Baru

Alip Sutarto · Senin, 28 Februari 2022 - 17:06:00 WIB
 Daftar Antrean Calhaj Capai 1 Juta Orang, Jateng Butuh Asrama Haji Baru
Anggota Komisi VIII DPR Abdul Wachid bersama Kepala Kemenag Jateng Mustain Ahmad, meninjau calon lokasi yang akan dibangun asrama haji Jateng di pinggir jalur pantura turut wilayah Demak. (iNews/Alip Sutarto)

JEPARA, iNews.id - Pelayanan calon jemaah haji (calhaj) Jateng selama ini dilayani di Asrama Haji Donohudan Boyolali dinilai belum optimal. Apalagi daftar antrean calhaj asal Jateng saat ini hampir mencapai satu juta dan menempati peringkat nomor dua se-Indonesia.

Terkait hal itu, anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid bertemu dengan Kepala Kemenag Jateng Mustain Ahmad. Keduanya juga meninjau secara langsung calon lokasi yang akan dibangun asrama haji Jateng tersebut yang ada di pinggir jalur pantura turut wilayah Demak.

Abdul Wachid mengatakan pembangunan asrama haji baru di Jawa Tengah penting. Sebab, saat ini dari sisi kapasitas daya tampung maupun fisik bangunan Asrama Haji Donohudan Boyolali yang dikelola Pemprov Jateng tidak lagi cukup memadai untuk memfasilitasi calhaj Jawa Tengah.

Kondisi itu kian parah jika jumlah kapasitas pemberangkatan haji sudah normal dan ada penambahan kuota. Saat ini, Arab Saudi sudah merencanakan menambah kapasitas jemaah haji, termasuk dari Indonesia.

"Asrama haji Donohudan Boyolali yang sudah eksisting tetap dipakai tapi kita juga harus siapkan infrastruktur serupa di lokasi lain," kata anggota dewan asal Jepara ini.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: