Dinkes Boyolali Dirikan Posko Kesehatan di SD Al Hikam usai Ratusan Siswa Keracunan

Tata Rahmanta ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 13:45 WIB
Dinkes Boyolali Dirikan Posko Kesehatan di SD Al Hikam usai Ratusan Siswa Keracunan
Posko kesehatan di SD terpadu Al Hikam di Banyudono, Boyolali (Foto: iNews/Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id - Dinas Kesehatan Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) mendirikan posko kesehatan di SD terpadu Al Hikam di Banyudono pada Kamis (6/2/2020). Posko kesehatan didirikan usai ratusan siswa kelas I dan II keracunan massal pada Rabu (5/2/2020).

Dari data yang didapat sebelumnya, ada 115 siswa dirawat jalan di Puskesmas Banyudono, 25 di antaranya dirujuk ke lima rumah sakit di Boyolali.

Posko kesehatan ini sengaja didirikan di sekolah untuk mengantisipasi adanya korban keracunan susulan.

Kepala Puskesmas Banyudono Iwan Wahyu Utomo menjelaskan ada potensi efek keracunan makanan pada Rabu (5/2/2020) dirasakan siswa pada hari ini.

"Mungkin efek dari kemarin itu masih bisa terjadi pada hari ini. Jadi posko di sekolah kami dirikan," katanya, Kamis (6/2/2020).

Saat ini, ratusan siswa yang dirawat di puskesmas sebagian sudah diizinkan pulang setelah kondisinya dinyatakan sehat.

Dia mengatakan, jika keluhan dihari pertama siswa lebih banyak mengeluhkan pusing dan mual, di hari kedua pascakeracunan mereka mengaku diare.

"Kemarin mengeluhkan mual dan muntah. Kalau hari ini mereka mengeluhkan diare," ujarnya.

Sementara, laporan dari pihak rumah sakit rujukan, siswa yang dirawat kondisinya sudah mulai stabil. Kemungkinan Kamis (6/2/2020) sore baru diizinkan pulang.

Sebelumnya anak-anak kelas I dan kelas II SD Al Hikam di Banyudono mengalami keracunan massal pascamengonsumsi makan siang dari sekolah.


Editor : Nani Suherni