Gunakan Metode Kaligrafi Lilin Prada, Perajin Asal Demak Ini Kebanjiran Pesanan

Sukmawijaya ยท Senin, 03 Mei 2021 - 05:43:00 WIB
Gunakan Metode Kaligrafi Lilin Prada, Perajin Asal Demak Ini Kebanjiran Pesanan
Kaligrafi dengan metode lilin prada yang dilakukan perajin asal Desa Kalianyar, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Foto: iNews/Sukmawijaya.

DEMAK, iNews.id - Abdul Rohim, perajin kaligrafi asal Desa Kalianyar, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak banjir pesanan satu bulan sebelum Ramadan. Pesanan hiasan kaligrafi mencapai 2.500 lembar dalam kurun waktu hampir 4 minggu.

Selain dari wilayah Jawa, pesanan juga datang dari Kalimantan dan Sumatera. Belakangan, pesanan semakin meningkat setelah menggunakan metode kaligrafi lilin prada. Seni kaligrafi lilin prada cukup unik. 

Selain tanpa menggunakan mal huruf, hampir seluruh bahan kaligrafi menggunakan lilin digabung dengan kertas emas yang disebut prada. Metode ini menghasilkan karya seni kaligrafi yang lembut dan harga produksi lebih murah. 

Seperti kaligrafi bertema dalam botol, harganya hanya Rp55.000. Untuk kaligrafi Asmaul Husna, harganya variatif sesuai ukuran. Yakni antara Rp60.000 hingga Rp125.000. Sedangkan kaligrafi Surat Yasin dengan ukuran 1X2 meter, harganya Rp500.000. 

“Hampir seluruh pesanan dari pedagang bingkai pigura, sehingga mereka memesan kaligrafi tanpa bingkai atau disebut daleman,” kata Abdul Rohim. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: