Ibunda Jokowi Wafat, Gibran: 4 Tahun Sakit, Eyang Noto Tak Putus Puasa dan Salat Tahajud

Kuntadi ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 11:05 WIB
Ibunda Jokowi Wafat, Gibran: 4 Tahun Sakit, Eyang Noto Tak Putus Puasa dan Salat Tahajud
Sudjiatmi Notomihardjo dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram/Gibran Rakabuming)

SOLO, iNews.id - Ibunda Presiden Joko Widodo Sudjiatmi Notomihardjo wafat pada Rabu (25/3/2020). Diketahui, dia mengidap penyakit kanker hingga harus dirawat di Rumah Sakit Tentara (RST) Kota Solo.

Dalam unggahan terbarunya, anak sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka mengatakan, sang nenek tak pernah mengeluhkan rasa sakit selama empat tahun menderita kanker. Bahkan, Sudjiatmi masih kerap menghadiri pengajian.

"Empat tahun Eyang Noto gerah (sakit), tapi tak pernah menunjukkan rasa sakitnya kepada anak-cucunya. Beliau masih berusaha mendatangi pengajian, dan kegiatan-kegiatan lain, bahkan kadang naik becak sendirian, atau meminta diantar sopir," kata Gibran dalam unggahan di akun Instagramnya.

Gibran juga menceritakan, Eyang Noto saap akrab Sudjiatmi di keluarga masih tak pernah putus berpuasa dan salat tahajud. Diakuinya, kepergian Eyang Noto membuatnya begitu kehilangan.

"Eyang Noto tidak pernah mau membebani anak-cucunya untuk beragam aktivitas beliau. Puasa dan shalat tahajudnya tak pernah putus," ucapnya.

Dalam akhir unggahannya, Gibran meminta doa dan memohon maaf atas kesalah yang pernah dilakukan Eyang Noto selama hidupnya. Dia pun kembali mengingatkan warga untuk tidak berbondong-bondong melayat ke rumah duka dan pemakaman.

"Bukan berarti keluarga melarang, tapi dengan tanpa mengurangi rasa hormat, dan mengikuti kebijakan pemerintah terhadap situasi tanah air, saya menyarankan untuk mendoakan dari rumah saja," ujarnya.

Sudjiatmi Notomihardjo wafat pada usia 77 tahun karena penyakit kanker. Jenazah almarhumah rencananya akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada Kamis (26/3) pukul 13.00 WIB.


Editor : Nani Suherni