Jejak Rumah Pengolahan Biji Kopi Tertua di Kota Semarang, Kini Dikelola Generasi Ketiga

Donny Marendra ยท Minggu, 03 Oktober 2021 - 11:44:00 WIB
Jejak Rumah Pengolahan Biji Kopi Tertua di Kota Semarang, Kini Dikelola Generasi Ketiga
Aktivitas rumah pengolahan biji kopi ini terletak di jalan Wotgandul Barat, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. (iNews/ Donny Marendra)

SEMARANG, iNews.id - Di Kota Semarang, Jawa Tengah, ada sebuah rumah pengolahan biji kopi yang berdiri sejak tahun 1883. Hingga saat ini, tempat tersebut masih produktif dan dikelola oleh generasi ketiga.

Pada momentum hari kopi nasional 1 Oktober, sang pemilik pengolahan biji kopi berharap, kopi lokal tetap disukai dan menjadi favorit oleh masyarakat Indonesia.

Rumah pengolahan biji kopi ini terletak di jalan Wotgandul Barat, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Tempat ini dikenal dengan nama Dharma Boutique Roastery.

Rumah pengolahan biji kopi ini semula bernama Margo Rejo. Kini pemiliknya adalah Widayat Basuki Dharmowiyono yang merupakan generasi ketiga.

Bukan hanya lengkapnya varian kopi di tempat ini yang menjadi daya tarik pelanggan, namun juga kerena historisnya. Bahkan di tempat ini masih menggunakan alat sangrai biji kopi kuno yang berusia 100 tahun. Sedangkan untuk penggilingnya menggunakan alat modifikasi antara peralatan kuno yang dipadukan dengan mesin modern.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: