Kabar Baik, Blora bakal Dapat Dana Bagi Hasil Migas dari Blok Cepu

Antara ยท Jumat, 11 Maret 2022 - 21:31:00 WIB
Kabar Baik, Blora bakal Dapat Dana Bagi Hasil Migas dari Blok Cepu
Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan surat usulan ke Dirjen PK Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti saat kickoff sosialisasi UU HKPD di Kabupaten Kudus, Jumat (11/3/2022). Foto: ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

KUDUS, iNews.id - Kabupaten Blora bakal mendapatkan dana bagi hasil minyak dan gas (migas) dari Blok Cepu. Hal itu menyusul lahirnya Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

"Dengan adanya UU HKPD yang baru ini, Kabupaten Blora sebagai kabupaten perbatasan dengan Blok Cepu akan mendapatkan dana bagi hasil migas sebesar 3 persen," kata Bupati Blora Arief Rohman saat menghadiri kickoff sosialisasi UU HKPD di Pendopo Kabupaten Kudus, Jumat (11/3/2022). 

Untuk saat ini, pihaknya masih menunggu Peraturan Pemerintah dan peraturan menterinya. Untuk memastikan bisa mendapatkan dana bagi hasil migas, pihaknya menyampaikan surat usulan agar aturan turunannya berpihak kepada Kabupaten Blora.

Sebelumnya, Kabupaten Blora hanya menjadi penonton karena Kabupaten Bojonogero sebagai daerah penghasil minyak mendapatkan dana bagi hasil sebesar 6 persen. Sedangkan Kabupaten Blora sebagai daerah perbatasan tidak mendapatkan sama sekali.

Dari alokasi 3 persen, dia berharap mendapatkan alokasi 2 persen, sedangkan 1 persennya untuk kabupaten perbatasan lainnya. Di antaranya, ada Kabupaten Tuban, Ngawi, Nganjuk, Lamongan dan Jombang.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: