Kasus Penipuan Jual Beli Tanah Modus Jadi Perantara, Warga Boyolali Ditangkap Polisi

Ary Wahyu Wibowo ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 19:43:00 WIB
Kasus Penipuan Jual Beli Tanah Modus Jadi Perantara, Warga Boyolali Ditangkap Polisi
Tersangka berinisial S warga Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali (memakai baju tahanan) saat ditahan di Mapolres Sukoharjo. Foto: Ist.

SUKOHARO, iNews.id – Aparat Polres Sukoharjo menangkap seorang pria yang diduga terlibat penipuan dengan modus sebagai perantara penjualan rumah. Pelaku berinisial S (60) warga Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.

Korban dalam kasus ini adalah Kusdiyanto (48) warga Banyudono, Kabupaten Boyolali. Dia melaporkan S setelah merasa ditipu atas jual beli tanah yang terletak di Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. 

Kronologi kejadian berawal pada tanggal 7 Juli 2020, korban berniat membeli tanah kavling yang ditawarkan pelaku sesuai sertifikat HM Nomor 07714 atas nama H Susilowati seharga Rp106 juta. 

“Namun karena korban tidak memiliki uang sebesar itu, ia meminta untuk membeli setengahnya saja dengan luas 68 meter persegi seharga Rp56 juta, dan pelaku S memperbolehkan,” kata Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kamis (6/10/2022).

Untuk meyakinkan korban, pelaku mengajak korban yang sudah membayarkan sejumlah uang ke Notaris PPAT di Kartasura dengan menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga dan KTP serta menandatangani blangko kosong dengan alasan titip tanda tangan.

Selang satu minggu kemudian, pelaku S datang ke rumah korban meminta untuk membayar keseluruhan dari luas tanah dengan cara mengangsur kekurangannya. Korban menyetujui hingga total yang telah dibayarkan sebesar Rp96,5 juta. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: