Konflik Wali Kota Tegal dengan Wakilnya Memanas karena Dua Faktor Ini

Ahmad Antoni ยท Senin, 01 Maret 2021 - 12:08:00 WIB
Konflik Wali Kota Tegal dengan Wakilnya Memanas karena Dua Faktor Ini
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (25/9/2020) malam. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNews.id - Konflik antara Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dengan Wakilnya, Muhammad Jumadi sejatinya simbol hubungan yang tidak harmonis atau disharmonis yang mudah dijumpai dan tidak mengherankan. Hal itu disampaikan pengamat kebijakan publik Pudjo Rahayu Risan.

Menurutnya, konflik yang terjadi antara kepala daerah dengan wakilnya, bervariasi dari yang ringan, sedang dan berat. Contoh yang berat seperti di Kota Tegal, yang sekarang ini sedang ramai diperbincangkan publik.

Hubungan yang tidak harmonis dan sudah pada tahapan konflik, yang berujung Wali Kota Tegal melaporkan wakilnya ke Polda Jawa Tengah (24/2/2021).

Ini membuat konflik keduanya semakin memanas dan memasuki babak baru. Hubungan keduanya dikabarkan retak dimana mereka dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Sabtu (23/3/2019) lalu.

“Konflik itu terdiri dari dua aspek. Konflik terjadi karena aspek eksternal dan  internal. Aspek eksternal, ada kecenderungan disebabkan belum siapnya daerah berdiri sendiri dengan sistem otonomi. Walau sistemnya bagus, tetapi SDM tidak mampu mengimbangi apalagi mengimplementasikan, ya percuma,” kata Pudjo, Senin (1/3/2021). 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3