Momen Hari Guru Nasional, Siswa SMP di Cilacap Basuh Kaki Para Pengajar

Heri Susanto ยท Senin, 25 November 2019 - 13:06 WIB
Momen Hari Guru Nasional, Siswa SMP di Cilacap Basuh Kaki Para Pengajar
Para siswa SMP PIus Cilacap saat membasuh kaki para gurunya. (Foto: iNews/Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id – Ada yang menarik dalam peringatan Hari Guru Nasional di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pius, Kota Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019). Para siswa datang ke sekolah dengan mengenakan pakaian adat dan menjalani proses basuh kaki. Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk refleksi penghormatan para siswa terhadap guru yang telah membimbing mereka selama ini.

Pantauan iNews, ratuan siswa secara bergantian membasuh kaki guru mereka dengan air kembang. Suasana haru terasa dengan lantunan lagu dan musik bertema perjuangan guru. Dan mengejutkannya, di akhir kegiatan justru bergantian guru yang membasuh kaki para siswa.

Seorang siswa SMP Julius Wijaya Agung mengatakan, kegiatan yang bertepatan pada momen Hari Guru ini dilakukan sebagai rasa hormat dari siswa. Selama ini para guru telah memberi banyak ilmu. Selain itu, membasuh kaki sebagai simbol permohonan maaf siswa kepada para guru atas kesalahan dan perilaku mereka selama ini.

“Selama ini telah tercipta kedekatan antara siswa dan guru. Tak hanya mengajar, para guru juga menjadi tempat curhat. Saya tak pernah marah jika ditegur guru, karena itu dilakukan demi kebaikan kami para siswa,” katanya.

Seusai membasuh kaki guru, para siswa ini kemudian memberikan bingkisan kado. Mereka saling berbagai dan tertawa bersama dalam keakraban.

Kepala SMP Pius Cilacap Budi Setyawan mengatakan, kegiatan ini memang diadakan sekolah dalam memperingati Hari Guru Nasional.

“Para guru juga membasuh kaki siswa sebagai bentuk seorang guru siap melayani siswa didiknya dengan tulus,” katanya.


Editor : Donald Karouw