Pekerja PLTU Batang Positif Corona, 27 Awak Kapal Diisolasi di Laut 14 Hari

Sindonews ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 18:27:00 WIB
Pekerja PLTU Batang Positif Corona, 27 Awak Kapal Diisolasi di Laut 14 Hari
Bupati Batang Wihaji saat memberikan keterangan pers terkait pekerja PLTU Batang positif corona di aula kantor Bupati Batang, Jateng, Jumat (27/3/2020). (Foto: Istimewa)

BATANG, iNews.id – Satu orang pekerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), positif terpapar virus corona atau Covid-19. Akibatnya, sebanyak 27 orang awak kapal tongkang dikarantina atau diisolasi di laut selama 14 hari.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, pekerja PLTU Batang yang positif corona terdeteksi dari hasil laboratorium ketika dirawat di Rumah Sakit Husada Utama Surabaya. Sebelumnya, pekerja PLTU tersebut juga pernah dirawat di rumah sakit swasta di Batang. Dia masuk 17-21 Maret 2020 dengan diagnosa awal demam berdarah.

“Dari rumah sakit swasta di Batang pindah ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya sesuai dengan domisilinya. Lalu, pindah lagi ke RS Husada Utama. Dari hasil laboratorium, pasien pekerja PLTU Batang positif korona,” kata Wihaji seusai rapat dengan Forkopimda, Jumat (27/3/2020).

Dari hasil yang diketahui tersebut, Pemkab Batang masih melakukan penelusuran atau tracking lingkungan untuk menemukan siapa saja yang melakukan kontak langsung dengan pasien saat di rumah.

“Selama di rumah sakit sebanyak 23 orang masuk dalam daftar orang dalam pemantauan (ODP), yakni perawat, dokter dan satu penunggu,” kata Wihaji.

Dari riwayatnya, pekerja tersebut pulang ke Surabaya pada 14 Maret. Kemudian pada 16 Maret kembali ke Batang langsung menuju kapal tongkang PLTU Batang. Pada 17 Maret, yang bersangkutan periksa ke klinik dan merekomendasikan untuk dirujuk ke rumah sakit swasta di Batang.

“Sebanyak 27 orang awak kapal tongkang sudah dikarantina atau diisolasi di laut. Tidak ada yang boleh keluar selama 14 hari,” katanya.


Editor : Maria Christina