Pemkot Semarang Siapkan Museum Sejarah dengan Teknologi Imersif Pertama di Indonesia

Ahmad Antoni ยท Jumat, 29 Januari 2021 - 20:37:00 WIB
Pemkot Semarang Siapkan Museum Sejarah dengan Teknologi Imersif Pertama di Indonesia
Penampakan Museum Kota Lama di bundaran Bubakan Semarang. (Istimewa)

Hendi mengatakan, museum tersebut akan menggunakan bangunan yang telah didirikan oleh Kementerian PUPR di bundaran Bubakan, Kota Semarang. 

"Untuk fisik bangunannya oleh Kementerian PUPR, sedangakan dari Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) yang nanti akan mendesain dalam museumnya," kata Hendi. "Saat ini ada dalam tahap penyempurnaan konsep pengaplikasian tekhnologi, semoga prosesnya lancar," ujarnya, Jumat (29/1/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari, mengatakan konsep utama museum di bundaran Bubakan yakni mengenai sejarah Kota Semarang. 

Pihaknya akan memberikan sajian sebagai pembelajaran sejarah dengan metode yang menarik, sehingga saat masuk museum, pengunjung dapat merasakan ambience atau kondisi Semarang tempo dulu.

"Kita seolah-olah berada di masa lalu, masuk lorong waktu, menikmati kondisi saat itu. Misal, suasana di Kali Semarang. Pengunjung seolah berada di sana menikmati aktivitas perdagangan di sana. Kemudian, berkeliling Kota Lama. Jadi, bercerita narasi Kota Semarang tapi dikemas lebih menarik," kata Iin, Jumat (29/1/2021).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3