Polda Jateng Tangkap 15 Pelaku Transfer Dana Palsu, Kerugian Bank Capai Rp20 Miliar

Ahmad Antoni · Selasa, 14 September 2021 - 06:38:00 WIB
Polda Jateng Tangkap 15 Pelaku Transfer Dana Palsu, Kerugian Bank Capai Rp20 Miliar
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. (foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id – Ditkrimsus Polda Jateng menangkap 15 pelaku transfer dana palsu melalui ATM milik Bank Jateng di Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati. Penangkapan dilakukan setelah melalui penyelidikan intensif.

Kapolda Jateng melalui Kabid Humas, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan para pelaku adalah pasangan suami istri, terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan.

"Para pelaku menjalankan aksi transfer dana pada bulan Agustus sampai Oktober 2018. Mereka memanfaatkan adanya system error pada ATM Bank Jateng di dua kecamatan tersebut," kata Kabid Humas, Senin (13/9/2021) malam.

Dia mengataan, cara yang digunakan para pelaku adalah memakai ATM yang diterbitkan BCA pada mesin ATM bersama milik Bank Jateng. Dimana diketahui, mesin ATM Bank Jateng di Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Wedarijaksa, tidak membaca respon sukses atas transaksi tersebut.

"Sehingga mesin ATM memerintahkan reversal (pembatalan) atas transaksi tersebut. Pada kenyataannya, sistem hanya membatalkan pada sisi penyelenggara jasa transaksi ATM/rekening asal dan tidak membatalkan pada sisi core banking dan ITM (Integrated Transaction Module)," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: