Polisi Tangkap Perempuan Pembobol Uang Nasabah BTPN Purwokerto

Antara ยท Minggu, 15 November 2020 - 08:41:00 WIB
Polisi Tangkap Perempuan Pembobol  Uang Nasabah BTPN Purwokerto
Anggota Sat Reskrim Polresta Banyumas melakukan pemeriksaan terhadap pembobol uang nasabah. (Antara)

BANYUMAS, iNews.id - Petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Banyumas, Jawa Tengah mengungkap kasus pembobolan uang nasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Cabang Purwokerto yang mencapai ratusan juta rupiah. Seorang perempuan ditangkap di Papua.

"Anggota kami berhasil menangkap seorang perempuan Yul (44) di Wamena, Papua, pada Selasa (10/11/2020). Ia dilaporkan ke Polresta Banyumas pada 4 Juni 2020 atas dugaan melakukan pembobolan uang nasabah BTPN Purwokerto," kata Kasatreskrim Polresta Banyumas, AKP Berry di Purwokerto, Sabtu (14/11/2020) malam.

Ia mengatakan, Yul yang warga Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, merupakan mantan karyawati BTPN Cabang Purwokerto.

Menurut dia, kasus itu terjadi dalam kurun waktu Januari 2018 hingga April 2019 saat Yul masih bekerja di Bagian Pemasaran BTPN Cabang Purwokerto. Saat itu, Yul membujuk sejumlah nasabah bank lain untuk melakukan take over ke BTPN Cabang Purwokerto.

"Informasinya, nasabah bank lain yang dibujuk Yul untuk melakukan take over ke BTPN Purwokerto banyak, namun yang dilaporkan baru tiga orang," katanya.

Setelah nasabah itu terbujuk, Yul segera memroses persyaratan take over dari bank lain ke BTPN Purwokerto. Oleh karena persyaratannya sudah selesai diproses, pihak BTPN Purwokerto pun mengeluarkan uang kepada para nasabah barunya itu untuk menutup pinjaman mereka yang ada di bank lain.

Saat para nasabah selesai menyetorkan uang itu ke rekeningnya masing-masing di bank lain, Yul mengarahkan mereka untuk menarik kembali uang yang telah masuk rekening tersebut.

"Yul kemudian meminta agar uang yang telah disetorkan ke dalam rekening milik nasabah itu ditarik kembali. Waktunya kurang lebih 10 menit setelah uang itu disetorkan," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2