Potret Memprihatinkan Dalang Ngamen di Rumah Warga demi Bertahan Hidup di Tengah Pandemi

Lurisa Lulu · Senin, 27 September 2021 - 04:48:00 WIB
Potret Memprihatinkan Dalang Ngamen di Rumah Warga demi Bertahan Hidup di Tengah Pandemi
Sejumlah seniman wayang atau dalang saat pentas di salah satu rumah warga di wilayah Tuntang Kabupaten Semarang. (iNews/Lurisa Lulu)

SEMARANG, iNews.id – Nasib sejumlah seniman wayang terdampak pandemi Covid-19 sungguh sangat memprihantikan. Hal itu dialami sejumlah seniman wayang asal Boyolali dan Klaten yang terpaksa mengamen hingga ke wilayah Tuntang, Kabupaten Semarang

Mereka terpaksa mencari nafkah dengan cara mengamen dari rumah ke rumah warga. Berbekal peralatan wayang dan alat musik gamelan, para dalang rela memainkan cerita pewayangan di teras-teras rumah warga.

Aksi itu terpaksa mereka lakukan karena pandemi Covid-19 yang berkepanjangan hingga membuat segala aktivitas keramaian dilarang, termasuk pementasan wayang.

Ironisnya, para seniman wayang ini rela memainkan cerita pewayangan dengan bayaran ala kadarnya. Meski digelar dadakan dari rumah ke rumah, namun pertunjukkan tersebut justru menambah kesan eksklusif bagi warga yang menyaksikannya, karena tidak perlu membayar mahal dan tanpa harus keluar rumah .

Selain untuk bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19, aksi mengamen para seniman wayang itu juga sekaligus mengenalkan kesenian asli Jawa kepada anak- anak sejak usia dini.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: