Pria di Semarang Ini Sukses Tekuni Budi Daya Bonsai Pohon Kelapa sejak Pandemi Covid-19

Kristadi ยท Sabtu, 18 September 2021 - 11:21:00 WIB
Pria di Semarang Ini Sukses Tekuni Budi Daya Bonsai Pohon Kelapa sejak Pandemi Covid-19
Aktvitas bonsai pohon kelapa yang ditekuni Ikhwan Ubaidillah, warga Jalan Griya Raharja, Semarang. Foto: iNews/Kristadi.

SEMARANG, iNews.id - Seorang pria di Kota Semarang sukses meraup pendapatan puluhan juta rupiah dari pembuatan bonsai pohon kelapa. Hobi yang berlangsung sejak puluhan tahun lalu, baru ditekuni semenjak pandemi Covid-19.  

Ikhwan Ubaidillah mengembangkan usaha pembuatan bonsai pohon kelapa di rumahnya yang berlokasi di Jalan Griya Raharja, Semarang. Berbagai tanaman hias mini berumur tahunan, tampak memadati halaman rumahnya. 

Tanaman bonsai antara lain jenis kelapa hijau, oranye, gading, dan albino. Untuk merawatnya, dibutuhkan ketelatenan agar tumbuh menjadi tanaman hias yang indah. 

Untuk membuat bonsai kelapa, tunas pohon kelapa dibersihkan dan dipindahkan ke dalam pot yang sudah diberi media tanah dan pupuk. Ada juga yang diletakkan di media air, sehingga akarnya tumbuh bergantung pada bentuk bonsai yang diinginkan. 

Di halaman rumahnya, Ikhwan membentuk tempurung kelapa seperti ekor semut, kepala ikan, atau ekor tupai ada akarnya yang menyelubungi bonggol kelapa.  Sementara batangnya ada yang tunggal hingga bercabang sepuluh dalam satu pot. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: