Pria di Semarang Ini Sukses Tekuni Budi Daya Bonsai Pohon Kelapa sejak Pandemi Covid-19

Kristadi ยท Sabtu, 18 September 2021 - 11:21:00 WIB
Pria di Semarang Ini Sukses Tekuni Budi Daya Bonsai Pohon Kelapa sejak Pandemi Covid-19
Aktvitas bonsai pohon kelapa yang ditekuni Ikhwan Ubaidillah, warga Jalan Griya Raharja, Semarang. Foto: iNews/Kristadi.

Ikhwan juga menggunakan teknik sayatan pada kelopak yang baru tumbuh. Kelopak tersebut disayat dengan pisau kecil, dipotong dan dibersihkan untuk menjaga daun kelapa tidak membesar dan pohon tetap kerdil. 

“Saya suka pohon kelapa karena asli dari Indonesia,  mempunyai banyak manfaat dan berseni tinggi. Pada batok kelapa bisa dibentuk sesuai keinginan. Pohon kelapa tua yang bercabang, dipandang mempunyai nilai lebih karena dipercaya membawa tuah,” kata Ikhwan Ubaidillah, Sabtu (18/9/2021). 

Budi daya pohon kelapa bonsai sudah dijalani Ikhwan sejak puluhan tahun lalu. Namun baru ditekuni secara serius sejak dua tahun terakhir. Kini di rumah dan pekarangan seluas 3.000 meter persegi, berjajar lebih dari 100 bonsai pohon kelapa. 

Untuk harga pohon bonsai bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Berbagai pameran bonsai kelapa di sejumlah kota telah diikuti Ikhwan. Bonsai andalannya, pohon kelapa mini bercabang dua yang berumur 35 tahun, sudah ditawar penggemar bonsai seharga Rp50 juta. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: