Rapid Test Digelar di Sejumlah Pusat Perbelanjaan di Blora, 21 Orang Reaktif Covid-19

Taufik Budi ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 21:32 WIB
Rapid Test Digelar di Sejumlah Pusat Perbelanjaan di Blora, 21 Orang Reaktif Covid-19
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) COVID-19 Pemkab Blora menggelar rapid test di sejumlah tempat perbelanjaan di Blora, Jawa Tengah, Jumat (22/5/2020). (Foto: iNews/Taufik Budi)

BLORA, iNews.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) COVID-19 Pemkab Blora menggelar rapid test secara serentak di sejumlah tempat perbelanjaan di Blora, Jawa Tengah, Jumat (22/5/2020). Hasilnya menunjukkan sebanyak 21 orang reaktif Covid-19.

Bupati Blora Djoko Nugroho yang ikut memantau rapid test mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk menanggulangi penyebaran Covid-19. Tes cepat ini tidak hanya dilakukan di pusat perbelanjaan, tapi juga di pasar tradisional.

“Tidak hanya di Luwes, rapid test massal hari ini juga dilakukan Dinas Kesehatan di Pasar Sido Makmur Blora, Pasar Beras Cepu, dan Bravo Cepu,” kata Djoko saat meninjau rapid test massal di Swalayan Luwes di Jalan Pemuda Kota Blora, Jumat (22/5/2020).

Menurut Djoko, tidak menutup kemungkinan kegiatan ini akan diperluas hingga Ngawen, Randublatung, dan Cepu. Dia juga meminta rapid test digelar di Alun-alun Blora. "Kami minta besok sore lanjut di Alun-alun Blora, karena setiap sore banyak pedagang takjil,” kata Djoko.

Djoko mengaku senang menyaksikan langsung proses rapid test terhadap karyawan swalayan dan para pengunjung. Para peserta tampak antusias dan bersedia meluangkan waktunya untuk mengantre mengikuti tes cepat.

“Alhamdulillah masyarakat antusias untuk mengikuti rapid test massal ini. Terima kasih sudah berkenan meluangkan waktu belanjanya untuk diperiksa. Ini sebagai wujud nyata upaya GTPP Covid-19 Kabupaten Blora dalam rangka deteksi dini agar bisa segera ditangani jika ada terpapar,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lilik Hernanto, mengatakan, kegiatan rapid test ini dilakukan untuk memperluas layanan masyarakat. Dari ratusan orang yang menjalani rapid test, 21 orang dinyatakan reaktif.

Dia merinci, dari rapid test yang digelar di Pasar Sido Makmur Blora, sebanyak 12 orang daro 80 orang yang diperiksa dinyatakan reaktif Covid-19. Sementara di Luwes, yang diperiksa 100 orang dan yang reaktif 5 orang. Di Pasar Beras Cepu, yang diperiksa 80 orang dan reaktif 4 orang. Selanjutnya di Bravo Cepu, yang diperiksa 17 orang dan tidak ada yang reaktif.

“Jadi total pemeriksaan massal 277 orang, dan yang reaktif 21,” ujarnya.


Editor : Maria Christina