Rekomendasi Megawati untuk Pilkada Solo Jatuh ke Gibran

Agregasi Solopos ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 13:06 WIB
Rekomendasi Megawati untuk Pilkada Solo Jatuh ke Gibran
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Antara)

SOLO, iNews.id - Rekomendasi bakal calon wali kota (cawali) yang diusung PDIP dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2020 bakal jatuh ke Gibran Rakabuming Raka. Rekomendasi tersebut kabarnya telah ditandatangani Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Salah satu sumber yang tak ingin disebutkan namanya menuturkan, Gibran resmi mendapat rekomendasi PDIP. Namun, suratnya belum diserahkan secara resmi.

”Sudah ditandatangani Bu Mega. Tapi belum diserahkan. Penyerahannya sedang disiapkan,” ujar sumber tersebut dikutip dari Solopos.com, Kamis (18/6/2020).

Hingga Rabu (17/6/2020) malam, surat rekomendasi untuk Gibran belum diturunkan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jateng maupun Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo lantaran masih menunggu waktu yang tepat. Sedangkan untuk posisi bakal calon wakil walikota (cawawali) dalam Pilkada Solo belum diputuskan.

Sebelumnya, sejumlah media nasional menurunkan berita Ketua Umum PDIP disebut telah menandatangani
surat rekomendasi bakal cawali dan cawawali yang diusung PDIP dalam Pilkada Solo 2020. Beberapa media nasional menuliskan, rekomendasi PDIP tersebut turun untuk Gibran Rakabuming Raka dan legislator yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa.

Menanggapi hal ini, Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan berdasarkan pengalaman sebelumnya, apabila rekomendasi turun maka dirinya bakal dipanggil untuk mengambil surat tersebut. Namun, dia belum merasa dipanggil siapa pun.

“Belum (rekomendasi turun). Biasanya kalau mau menurunkan surat rekomendasi, Ketua DPC diundang, calon juga diundang. Pilkada sebelumnya, saya diundang ke sana. Kemudian dikirim ke DPC. Kebetulan saya kan ketua DPC, tak bawa pulang sendiri,” katanya kepada wartawan, Rabu (17/6/2020).

Rudy, sapaan akrabnya menuturkan, biasanya setelah menerima surat tersebut, DPC PDIP Solo mengumpulkan pengurus ranting, pengurus anak ranting, dan pengurus anak cabang untuk menyampaikan isi surat. Kemudian, calon yang mendapatkan rekomendasi diundang ke DPC.

“Baru sesudah itu membentuk tim pemenangan,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Rekomendasi DPP PDIP Untuk Pilkada Solo Jatuh Ke Gibran"


Editor : Nani Suherni