Ribuan Guru Minta Ganjar Pranowo Adil Berikan BOS untuk Sekolah Swasta

Kristadi ยท Senin, 17 Februari 2020 - 17:15 WIB
Ribuan Guru Minta Ganjar Pranowo Adil Berikan BOS untuk Sekolah Swasta
Aksi damai guru swasta yang tergabung dalam forum kepala sekolah swasta (FKSS) Jateng di kantor Gubernur Jateng, Senin (17/2/2020)/. (Foto: iNews/Kristadi)

SEMARANG, iNews.id - Ribuan guru sekolah swasta se Jawa Tengah (Jateng) menggelar aksi damai di kantor Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Senin (17/2/2020) siang. Mereka menuntut Ganjar adil dalam pemberian Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA swasta.

Kurang lebih 3.000 guru swasta yang tergabung dalam forum kepala sekolah swasta (FKSS) Jateng meminta Ganjar tak pilih kasih dengan guru swasta. Kebijakan Ganjar soal sekolah swasta di bawah aturan akreditasi tidak mendapat dana bantuan dari Pemprov Jateng dinilai tidak adil.

Dengan membawa spanduk dan poster aneka tulisan, mereka meminta aturan BOP dan bosda guru swasta dihilangkan. Para guru juga meminta Ganjar memberikan insentif bagi guru dan tenaga didik swasta non tunjangan profesi guru (TGP).

"Pak gubernur yang selalu kami bangga-banggakan, tolong berikan insentif bagi guru swasta yang non TGP," ujar salah satu guru Siti Chaerun saat berorasi.

Para guru juga menolak sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) karena berimbas kekurangan murid, serta menolak pendirian sekolah negeri baru. Perwakilan guru ini akhirnya ditemui Pemprov Jateng yang diwakili Asisten Pemerintahan Sarwa Permana.

Ketua FKSS Jateng Rony Widodo mengatakan, dalam pertemuan tersebut, para guru dijanjikan penyelesaian lewat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di daerah masing-masing.

"Semua pembicaraan akan dilanjut di Musrenbang. Insya Allah dari teman-teman dan pihak dinas akan ada keseragaman," kata Roby.


Editor : Nani Suherni