RS di Kendal Kebanjiran Pasien Covid-19, Layanan IGD Gunakan Sistem Buka Tutup

Eddie Prayitno ยท Senin, 12 Juli 2021 - 19:54:00 WIB
RS di Kendal Kebanjiran Pasien Covid-19, Layanan IGD Gunakan Sistem Buka Tutup
Pintu masuk IGD RSUD Soewondo, Kendal yang ditutup sementara karena pasien Covid-19 yang terus berdatangan. Foto: iNews/Eddie Prayitno.

KENDAL, iNews.id – Sejumlah rumah sakit (RS) di Kabupaten Kendal terus kebanjiran pasien Covid-19. Layanan instalasi gawat darurat (IGD) bahkan sampai menerapkan sistem buka tutup karena ruang isolasi telah penuh. 

Kondisi itu antara lain terjadi di RSUD Dr H Soewondo, Kendal. Petugas keamanan rumah sakit setempat terpaksa menutup pintu masuk ke IGD, dan memasang pengumuman pelayanan sementara ditutup. Sedangkan di depan IGD, banyak warga yang tidak bisa masuk ke dalam karena sudah penuh, dan harus menunggu giliran. 

Humas RSUD Soewondo Kendal, Muhammad Wibowo mengatakan, pihaknya melakukan buka tutup pelayanan IGD karena banyaknya pasien yang harus ditangani. Selain itu, ruang isolasi kini juga masih penuh. 

“Pelayanan IGD kembali dibuka saat jumlah pasien yang dirawat menurun. Sebagian besar pasien yang datang suspect Covid-19,” kata Muhamad Wibowo, Senin (12/7/2021).

Kondisi serupa juga terjadi di RS lainnya di Kendal. Seperti RS Charlie Boja, RS Islam Muhammadiyah Weleri Kendal, dan RS Darul Istiqomah Kaliwungu. Hampir semua RS tidak tersedia tempat tidur dan ruangan untuk pasien Covid-19. 

Tidak hanya RS umum maupun swasta, tempat isolasi di rumah sakit darurat Covid-19 (RSDC) juga sudah mencapai 90 persen tingkat keterisiannya. Dari total 45 kamar yang ada, tinggal menyisakan enam kamar di lantai tiga. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: