Sambut HUT RI, Warga di Demak Hadirkan Makanan Tiwul

Taufik Budi ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 08:17:00 WIB
Sambut HUT RI, Warga di Demak Hadirkan Makanan Tiwul
Makanan tiwul yang dihadirkan warga Kabupaten Demak saat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Foto: Taufik Budi.

SEMARANG, iNews.id - Tiwul yang menjadi makanan khas para pejuang dihadirkan kembali oleh warga Kabupaten Demak untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Makanan ini kaya gizi bagi tubuh, termasuk pengganti nasi bagi yang melaksanakan diet. 

Makanan tiwul dihadirkan ibu-ibu warga Desa Waru, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Makanan ini terbuat dari umbi singkong yang dihaluskan. Kemudian tepung dicampur sedikit air dan irisan gula merah. 

Campurkan secara merata hingga membentuk butiran-butiran kecil seperti beras. Berikutnya adalah kukus menggunakan air mendidih selama kurang lebih 30 menit. Setelah dikukus, tekstur akan berubah dan memiliki warna kecokelatan. 

“Rasa dari makanan tiwul adalah tawar, sehingga gula merah diperlukan untuk memberi rasa manis. Makanan ini terasa lebih nikmat bila ditambahkan parutan kelapa,” kata Selviana Putri, warga penikmat tiwul, Jumat (19/8/2022).  

Selanjutnya tiwul dibungkus menggunakan daun jati agar aromanya semakin menggoda. Pada masa penjajahan, makanan tradisional ini sangat populer karena tak ada beras. 

Ternyata tiwul yang terbuat dari bahan singkong, memiliki kandungan vitamin C, kalsium, zat besi, protein dan fosfor. Bahkan makanan ini sering kali dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi atau makanan diet. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: