Semasa Hidup Turut Mengajar di ISI Solo, Ki Manteb Sudarsono Sampaikan Seluruh Ilmu yang Dimiliki

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 02 Juli 2021 - 13:30:00 WIB
Semasa Hidup Turut Mengajar di ISI Solo, Ki Manteb Sudarsono Sampaikan Seluruh Ilmu yang Dimiliki
Dalang Ki Manteb Sudarsono. Foto: dok.

SOLO, iNews.id – Sosok dalang Ki Manteb Sudarsono sangat dekat dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Semasa hidup, Ki Manteb Sudarsono turut menjadi pengajar dan menyampaikan seluruh ilmu yanng dimiliki. 

“Pak Manteb itu orangnya fair sekali, apapun pengalaman Pak Manteb saat mengajar di kelas diutarakan semua,” kata staf pedalangan pranata laboratorium pendidikan (PLP) ISI Solo, Guntur Sulistiyono,  Jumat (2/7/2021).   

Ki Manteb Sudarsono mengajar seni pedalangan di ISI Surakarta. Ki Manteb tidak memiliki jadwal tetap saat mengajar. Meskipun tidak ada jadwal, Ki Manteb Sudarsono terkadang datang. Dia tidak mengajar di kelas tertentu, namun kelas mana pun masuk. 

Ki Manteb Sudarsono mengajar tidak memikirkan kelas. Yang jelas, dalang yang terkenal dengan kemahiran dalam sabetan wayang kulit ini suka berbagi pengalaman. 

Dirinya tidak tahu sejak kapan Ki Manteb Sudarsono mengajar di ISI Solo, namun keberadaannya sudah berlangsung lama. Ki Manteb Sudarsono merupakan dosen luar biasa dan masuk dalam dewan empu. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2