Sempat Viral, Keluarga Miskin di Purworejo Sudah Masuk Daftar Penerima Bantuan

Joe Hartoyo ยท Sabtu, 02 Mei 2020 - 09:58 WIB
Sempat Viral, Keluarga Miskin di Purworejo Sudah Masuk Daftar Penerima Bantuan
Rumah Yusron (33) warga Desa Hardimulyo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng). (Foto: Joe Hartoyo)

PURWOREJO, iNews.id - Keluarga Yusron (33) warga Desa Hardimulyo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) sempat viral di media sosial karena tak menerima bantuan sembako di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah Desa Hardimulyo memastikan, saat ini Yusron sudah terdata sebagai peserta penerima bantuan sembako dari Kementerian Sosial.

"Yusron juga sudah masuk dalam daftar penerima Sembako/BPNT Covid-19 dari Kementerian Sosial, hanya tinggal menunggu waktu pembukaan rekening saja. Cuma belum gilirannya saja," kata Pemerintah Desa Hardimulyo lewat keterangan tertulisnya yang diterima iNews.id, Sabtu (2/5/2020).

Selain itu, Yusron yang terkena struk juga tercatat sebagai penerima Kartu Indonesia Sehat. Sehingga tidak ada penelantaran warga di desa tersebut. Pemerintah desa juga meluruskan, bantuan masker dan sabun yang sebelumnya dibicarakan warganet merupakan upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

"Pemberian masker dan sabun merupakan salah satu upaya Pemdes Hardimulyo dalam menanggulangi pandemi Covid-19," ujarnya.

Sementara soal anak Yurson yang dikabarkan hanya makan nasi dan garam, pemerintah desa menilai hal tersebut sebuah tradisi. Dimana warganya kerap memberikan makan anak dengan garam atau pisang.

"Kondisi anak yang makan dengan garam, didesa kami ada sebagian warga yang mempunyai tradisi memberi makan anak dengan garam atau pisang yang dilembutkan dan dicampur dengan nasi," tulisnya.

Sebelumnya diberitakan, keluarga Yusron tidak masuk daftar keluarga miskin. Padahal tempat yang dia tinggal kurang layak. Kehidupan yang serba kekurangan membuat tetangga dan sanak saudaranya sering membantu.


Editor : Nani Suherni