Sri Sultan BH X: Yogyakarta Tidak Lockdown tapi Calm Down

Kuntadi ยท Senin, 23 Maret 2020 - 10:25 WIB
Sri Sultan BH X: Yogyakarta Tidak Lockdown tapi Calm Down
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (Foto: Pemda DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan tidak akan mengambil kebijakan lockdown. Hal tersebut disampaikan Sri Sultan secara live streaming pada Senin (23/3/2020).

Raja Keraton Yogyakarta ini mengatakan, bencana virus corona kali ini berbeda dengan gempa tahun 2006. Di mana saat itu, bencana terlihat secara jelas, sementara virus corona tidak bisa.

"Berbeda dengan bencana gempa 2006 yang secara nyata. sekarang ini virus coroan ini tidak bisa kita rasakan dan tidak terduga. kita selayaknya menjaga kesehatan," ujar Sri Sultan, Senin (23/3/2020).

Dia pun memastikan, tidak akan mengambil kebijakan lockdown di Yogyakata. Dia lebih memilih agar warganya untuk calm down atau tenang dalam menghadapi bencana ini.

"Yogyakarta belum terapkan lockdown tapi calm down agar iling (ingat) dan waspada," ucapnya.

Sri Sultan berkali-kali mengingatkan agar warga tetap menjaga kesehatan. Kemudian tidak termakan berita bohong atau hoaks.

"Kalau tidak perlu lebih baik di rumah saja dan dukung anak-anak belajar di rumah," ujarnya.

Dari data orona.jogjaprov.go.id/data-statistik per Minggu 22 Maret 2020 Pukul 16.00 WIB, jumlah pasien dalam pemantauan sebanyak 554, pasien dalam pengawasan 71 orang dan positif lima orang. Satu kasus positif korona dinyatakan sembuh.


Editor : Nani Suherni