Tim Gabungan BNNP Gerebek Pabrik Sabu di Semarang, Pelaku Mantan Kiper PSMS Medan

Wisnu Wardhana ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 14:57:00 WIB
Tim Gabungan BNNP Gerebek Pabrik Sabu di Semarang, Pelaku Mantan Kiper PSMS Medan
Penggerekan pabrik sabu di rumah klaster Graha Taman Pelangi BSB Mijen, Semarang, Jawa Tengah (Jateng). (Foto: iNews/Wisnu Wardhana)

SEMARANG, iNews.id - Petugas gabungan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah menggerebek pabrik pembuatan narkotika jenis sabu di kawasan Mijen, Semarang. Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan 5,3 kilogram sabu.

Penggerebekan dilakukan petugas di rumah di klaster Graha Taman Pelangi BSB Mijen, Semarang. Dari rumah tersebut petugas berhasil mengungkap praktik clandestine laboratory dengan sisa prekursor, narkotika jenis HCL dan asetone. Pabrik sabu ini berkedok sebagai rumah tinggal yang berproduksi hanya setiap akhir pekan.

Kepala BNNP Jateng Brigjen Pol Benny Gunawan membenarkan kegiatan penggerebekan pabrik sabu di wilayahnya. Penggerebekan pabrik sabu dengan lokasi perumahan mewah ini merupakan hasil pengembangan dari penangkapan tersangka Nasirin, warga Sidoarjo.

Tersangka Nasirin merupakan mantan penjaga gawang PSMS Medan. Dia diamankan bersama Dedi, oknum pengurus PSSI. Ada juga dua orang lainnya yang diamankan, yakni Eko dan Novian yang membuat sabu di rumah tersebut.

"Kita memang diminta bantuan dari BNNP Jawa Timur untuk melaksankan penggerebekan ini. Sebelumnya BNNP Jawa Timur sudah menangkap pelaku kejahatan di Sidoarjo. Setelah dikembangkan, pembuatannya di perumahan BSB," kata Benny, Selasa (19/5/2020).

Dari tangan tersangka, petugas mengamankan sedikitnya sabu seberat 5,3 kilogram, bahan baku sabu zat prekusor serta alat-alat sebagai barang bukti. Keempat tersangka kemudian diamankan dan dibawa ke kantor BNNP Jawa Timur untuk penyelidikan lebih lanjut.


Editor : Nani Suherni