Viral Kemunculan Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo

Joe Hartoyo ยท Senin, 13 Januari 2020 - 16:57 WIB
Viral Kemunculan Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo
Ritual Agung Keraton Sejagat di Purworejo, Jumat (10/1/2020). (Foto: Facebook/Aditya Hendar)

PURWOREJO, iNews.id - Masyarakat Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dihebohkan dengan munculnya sebuah kerajaan baru. Para pengikutnya menyebut kerajaan ini dengan nama Keraton Agung Sejagat.

Kemunculan Keraton Agung Sejagat ini viral setelah ramai dibicarakan di jejaring sosial media facebook.

Beberapa foto dan video kirab ini dengan nama Ritual Wilujengan ini jelas membuat warganet heboh. Salah satu akun Aditya Hendar mengunggah sebuah video yang memperlihatkan kegiatan kirab ala keraton yang nampak mewah.

BACA JUGA: Hujan Disertai Petir Berpotensi Guyur DIY 5 Hari ke Depan

Prajurit keraton mengenakan baju seragam hitam lengkap dengan topi. Dalam foto yang beredar, terlihat seorang pria dan wanita berpakaian ala kaisar duduk di atas kuda. Ritual Agung Keraton Sejagat ini rupanya digelar di Desa Pogung Juru Tengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Jumat (10/1/2020)

Penasihat Keraton Agung Sejagat, Resi Joyodiningrat Chikmawan memastikan kemunculan kerajaan ini bukan sebuah aliran sesat seperti yang dibicarakan masyarakat.

BACA JUGA: Sebagai Bentuk Kritik, Para Pelajar ini Berswafoto di Lokasi Banjir

"Lingkungan ada pro dan kontra, ada yang mengatakan aliran sesat. Ada suatu organisasi. Kami ini bukan suatu organisasi dan bukan suatu aliran tapi sebuah kerajaan yang dilakukan oleh trah itu sendiri," ucapnya Senin (13/1/2020).

Dia juga mengatakan lokasi keraton di Desa Pogung Jurutengah merupakan pilihan alam.

"Itu mungkin alam sendiri yang menujukkan. Kami tidak pernah bermimpi di sini akan jadi keraton. Seiring perjalanan kok di sini, alam mungkin (yang menunjukkan)," ujarnya.


Editor : Nani Suherni