Arak-arakan Barongan mengiringi para wisudawan PEM Akamigas Cepu. (Heri Purnomo)
Heri Purnomo

BLORA, iNews.id – Ada pemandangan unik saat berlangsungnya acara wisuda di kampus Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu Kementerian ESDM. Para wisudawan diiringi arak-arakan budaya lokal Barongan.

Ratusan wisudawan itu diiring dari asrama menuju tempat wisuda, gedung Gra Oktana PEM Akamigas, Senin (18/7/ 2022).

Plt Wakil direktur 1 PEM Akamigas Erdila Indriani mengatakan, dipilihnya kesenian Barongan Blora ini sebagai bentuk pengenalan budaya lokal Blora. Mengingat, keberadaan PEM Akamigas di Cepu Kabupaten Blora

"Ini kan hajat ya, mantenan. Sehingga kami ingin memberikan hiburan anak-anak kami yang terakhir di PEM Akamigas. Selain itu, juga banyak mahasiswa berasal dari luar Blora," kata Erdila. 

Menurutnya, kesenian itu merupakan sumbangan murni dari para kolega PEM Akmigas. Sebagai bentuk kepedulian untuk mengangkat budaya lokal. "Jadi bukan hanya hajat Kementerian ESDM saja, tapi juga bisa menampilkan budaya lokal, " katanya.

Dia menyebutkan, terdapat 168 mahasiswa PEM Akamigas yang akan diwisuda menjadi sarjana terapan D4. "Pada kesempatan ini menjadi hajat tahunan PEM Akamigas. Wisuda ke-51 lulusan tahun 2022," ujarnya. 

Semula, Menteri ESDM dijadwalkan hadir. Namun, karena berhalangan hadir, diwakilkan Kepala BPSDM untuk memberikan pengarahan kepada wisudawan. Hadir pula para user PEM Akamigas bidang industri Migas. "Yang menyekolahkan di PEM Akamigas," ujarnya. 

Adapun wisudawan Blora dan Bojonegoro terdistribusi dari program beasiswa Pemda, beasiswa Kementerian ESDM maupun dari biaya mandiri. "Blora terdapat 30 orang dan Bojonegoro 20 orang," ujarnya.


Editor : Ahmad Antoni

BERITA TERKAIT