8 Ibu Hamil di Blora Reaktif Covid-19 lewat Rapid Test

Taufik Budi ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 17:29 WIB
8 Ibu Hamil di Blora Reaktif Covid-19 lewat Rapid Test
Ilustrasi (Foto: AFP)

BLORA, iNews.id - Sebanyak delapan ibu hamil di Blora, Jawa Tengah (Jateng) dinyatakan reaktif Covid-19 saat menjalani rapid test. Mereka diketahui hendak melahirkan, sehingga membutuhkan penanganan medis yang lebih serius.

“Setelah kita test ibu hamil ini ternyata reaktif,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Blora, Lilik Hernanto, Selasa (19/5/2020).

“Maka jadi catatan bagi kita semua, bahwa di satu sisi kami berperang melawan Covid-19, namun di satu sisi kita juga mencegah kematian ibu hamil yang kasusnya masih tinggi di Kabupaten Blora,” ucapnya lagi.

Dia melanjutkan, puskemas diwajibkan melakukan rapid test terhadap ibu hamil yang memeriksakan kesehatannya. Langkah itu sebagai upaya untuk memberikan tindakan yang tepat untuk menjaga kesehatan ibu maupun janinnya.

“Kami wajibkan setiap puskesmas bisa melakukan rapid test kepada ibu hamil itu untuk deteksi. Mudah-mudahan tidak ada penambahan lagi, semoga hasil swab ibu hamil ini nanti juga negatif,” ucap Lilik Hernanto.

Menurutnya, kini terdapat 14 kasus positif Covid-19 di Blora, sedangkan reaktif rapid test mencapai 83 orang. Kemudian untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 18 orang yang diawasi. Lalu Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 52 dan Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 186. Sementara, pemudik di Blora hingga semalam mencapai 32.370 jiwa.


Editor : Nani Suherni