99 Persen Anggota IJTI Jateng Sudah Ikut Uji Kompetensi Jurnalis TV

Kristadi ยท Jumat, 09 April 2021 - 17:50:00 WIB
99 Persen Anggota IJTI Jateng Sudah Ikut Uji Kompetensi Jurnalis TV
Sebanyak 24 jurnalis televisi se-Jateng mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis TV (UKJTV) di Hotel Horison Nindya Semarang, Jumat (9/4/2021). (iNews/Kristadi)

“Inilah salah satu bukti kepedulian IJTI terhadap jurnalis. UKJ ini adalah yang keempat kalinya diselenggarakan oleh IJTI Jateng dan semuanya gratis. Dengan demikian, 99 persen anggota IJTI Jateng sudah mengikuti UKJ,” kata Teguh.

Pelaksanaanya UKJTV  berbeda dengan UKJ pada umumnya. UKJ yang dikhususkan bagi para jurnalis televisi ini tidak hanya menguji pengetahuan dan menulis, namun juga menguji penguasaan teknis produksi berita televisi dan teknologi sesuai bidangnya masing-masing.

Para penguji berasal dari IJTI Pusat, seperti Imam Wahyudi yang pernah menjabat Ketua Umum IJTI Pusat dan anggota Dewan Pers, Rachmat Hidayat, Herik Kurniawan serta para penguji lainnya yang sudah lama malang melintang di televisi nasional.

Sementara itu, Kepala Lembaga UKJ IJTI Rachmat Hidayat mengatakan  UKJ ini untuk memfilter   antara jurnalis yang profesional dengan jurnalis yang tidak profesional. 

"Tidak hanya sebagai lembaga sertifikasi jurnalis televisi,  IJTI juga sudah resmi menjadi satu-satunya lembaga Uji Kompetensi dan Profesi bagi jurnalis televisi yang terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni